Metode Bagian dan Keseluruhan dalam Pembelajaran Anatomi: Minat Mahasiswa Program Studi Kepelatihan Olahraga Universitas Catur Insan Cendekia
DOI:
https://doi.org/10.32528/sport-mu.v6i2.4555Keywords:
Anatomi Manusia, Minat Belajar, Metode Part, Metode Whole, Pendidikan OlahragaAbstract
Anatomi manusia merupakan kompetensi fundamental bagi pelatih olahraga, Pengetahuan anatomi muskuloskeletal merupakan fondasi kompetensi pelatih olahraga, namun kompleksitas materi sering menyebabkan beban kognitif (cognitive overflow) dan rendahnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan membuktikan efektivitas dua metode pembelajaran, yaitu Part Practice (Bagian) dan Whole Practice (Keseluruhan) terhadap minat belajar anatomi pada mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari 20 mahasiswa Universitas Catur Insan Cendekia yang dibagi menjadi dua kelompok homogen (n=10 per kelompok) dan diberikan perlakuan selama 12 pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah angket Minat Belajar dengan analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua metode efektif meningkatkan minat belajar (p <0,05). Namun, Metode Part Practice terbukti memberikan pengaruh yang lebih signifikan dengan rata-rata skor posttest sebesar 8.200, dibandingkan Metode Whole Practice dengan rata-rata 7.000. Penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan Part Practice lebih direkomendasikan untuk pembelajaran anatomi olahraga guna memaksimalkan antusiasme dan pemahaman siswa.
References
Arif, A. M. (2023). Strategi Pembelajaran. CV. Media Sains Indonesia.
Arifin, Z., Mulyana, R. B., Nina Sutresna, H. S., Sonjaya, A. R., & Taopik, M. (2024). Pengaruh Modifikasi Part Practice Method Terhadap Keterampilan Renang Gaya Bebas Dan Gaya Dada. S.P.O.R.T (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 8(1), 341–353.
Aryanto, S. J. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Perbagian (Part) Dan Keseluruhan (Whole) Terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Passing Sepakbola. Koulutus, 4(3), 73–81.
Basri, E. S. (2013). Perbandingan pengaruh metode bagian dengan metode keseluruhan terhadap penguasaan teknik push dalam cabang olahraga hoki (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Universitas Pendidikan Indonesia.
Coker, J. S., Heiser, E., Taylor, L., & Book, C. (2017). Impacts of Experiential Learning Depth and Breadth on Student Outcomes Jeffrey. Journal of Experiential Education, 40(1), 110–123. https://doi.org/10.1177/1053825916678265
Darmawan, A. A., Tohiroh, A., Ditia, C. R., & Prabowo, N. A. (2023). Perbandingan Efektivitas Pemberian Kinesio Tape Lutut Terhadap Knee Valgus pada Gerak Cutting Atlet Basket Tingkat SMA di Kota Malang. 4(2), 144–151.
Demirakca, T., Cardinale, V., Dehn, S., Ruf, M., & Ende, G. (2016). The Exercising Brain : Changes in Functional Connectivity Induced by an Integrated Multimodal Cognitive and Whole-Body Coordination Training. 2016. https://doi.org/10.1155/2016/8240894
Estai, M., & Bunt, S. (2016). Best teaching practices in anatomy education: A critical review. Annals of Anatomy, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.aanat.2016.02.010
Fauzan, H. A., Komarudin, K., Subarjah, H., Hadiyani, W., & Dolifah, D. (2025). Effects of PETTLEP Imagery Training on Competitive Anxiety and Self-Confidence in Badminton Athletes. Ann Appl Sport Sci InPress(InPress), 3, 2–12.
Fauzan, H. A., Komarudin, K., Tafaqur, M., & Novian, G. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Hasil Pukulan Dropshot Melalui Latihan Self-Talk pada Cabang Olahraga Bulutangkis. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6(2), 121–139. https://doi.org/10.15294/jscpe.v6i2.51640
Fontana, F. E., Mazzardo, O., Health, Ovande Furtado, J., & Gallagher, J. D. (2009). Whole And Part Practice: A Meta-Analysis. Perceptual and Motor Skills, 517–530. https://doi.org/10.2466/PMS.109.2.517-530
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (S. Kiefer (ed.); eight edit). McGraw-Hill.
Islaha, Z. S., Prudentia, Z., Anisah, Z., & Radianto, D. O. (2024). Pengaruh Beban Pembelajaran Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Sains Student Research, 2(2), 185–192.
Lindsay, R. S., Larkin, P., Kittel, A., & Spittle, M. (2021). Mental imagery training programs for developing sport-specific motor skills: a systematic review and meta-analysis. Institute for Health and Sport (IHES), 57–76.
Musfah, J. (2011). Membumikan pendidikan holistik. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Saputra, I. S. A., & Wahidi, R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Bagian Dan Keseluruhan Terhadap Kemampuan Renang Gaya Bebas. Journal of Physical Education and Sport Science, 2(1), 7–11.
Setiawan, G. (2013). Perbedaan Metode Latihan Keseluruhan dan Bagian terhadap Kemampuan Servis Bawah dalam Permainan Bola Voli Mini pada Peseeta Ekstrakulikuler Siswa Putra Usia 9-12 Tahun SD Negeri Wonosido Pituruh Purworejo. Universitas Negeri Yogyakarta.
Simamora, N. F., Aulia, D. N., Sekali, P. M. B. K., & Maharaja, W. Y. (2024). Literature Study on the Role of Physical Education in Improving Student Discipline. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 78–90.
Sutikno, Y., Hosan, & Irawati. (2021). Minat Belajar Mahasiswa STAB Maitreyawira. Maitreyawira, 2(November), 35–42.
Ulfah, O. A. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. 2(1), 1–9.
Wiranto, Jusuf, J. A. S., & Kurnia, J. B. (2024). Pengaruh Metode Part and Whole ( PnW ) terhadap Hasil Latihan Renang Gaya Bebas. 14(2), 93–104.
Yanuarti, N. (2016). Penerapan Metode Bagian Dan Metode Keseluruhan (Part Method And Whole Method) Dalam Pembelajaran Penjas Untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Gerak Anak Tunanetra Kelas Iv Di Slb-A Yaketunis Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Helmi Akmal Fauzan, Nur Muhamad Hildan, Nadia nurul Paramitha, Ridwan Afif, Yogi Slamet

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

