Studi Deskriptif tentang Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Usia 6–9 Tahun di SD Aisyiyah Muhammadiyah 3 Kota Makassar
Keywords:
kebugaran jasmani, siswa sekolah dasar, TKJI, usia 6–9 tahun.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa usia 6–9 tahun di SD Aisyiyah Muhammadiyah 3 Kota Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data berupa tes dan pengukuran. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas I–III SD Aisyiyah Muhammadiyah 3 Kota Makassar, sedangkan sampel berjumlah 86 siswa berusia 6–9 tahun yang dipilih secara total sampling. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) usia 6–9 tahun yang terdiri atas lima item tes, yaitu lari 30 meter, angkat tubuh gantung/ gantung siku, sit-up, lompat tegak, dan lari 600 meter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang berada pada kategori sangat baik dan baik; sebanyak 20 siswa (24%) berada pada kategori sedang, 64 siswa (74%) berada pada kategori kurang, dan 2 siswa (2%) berada pada kategori kurang sekali. Secara umum dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa usia 6–9 tahun di SD Aisyiyah Muhammadiyah 3 Kota Makassar berada pada kategori kurang. Temuan ini menegaskan perlunya program pembinaan kebugaran jasmani yang lebih terstruktur dan berkesinambungan di lingkungan sekolah dasar
References
Aprilian Trisnata, P., Nanda Hanief, Y., & Andayani Bekti, R. (2020). Studi Hasil Tes Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Atas di Sekolah Dasar Negeri 03 Talang Tulungagung Tahun Ajaran 2019 | Jurnal Literasi Olahraga. https://fkipunsika.id/index.php/JLO/article/view/4047
Arikunto, S. (2010). Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). PT. Rineka Cipta.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). PT. Rineka Cipta.
Destriana, D., Aryanti, S., Octara, K., Solahuddin, S., Resah Pratama, R., & Destriani, D. (2023). Pelatihan Massage Kebugaran Bagi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB), 1(3). https://doi.org/10.58266/jpmb.v1i3.50
Fitriadi, R., Dirgantoro, E. W., & Fauzan, L. A. (2025). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SDN Pasar Panas Di Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. 8.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
Nur Wahid, W., & Kurniawan, A. W. (2023). Survei Kebugaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 4(1), 270–281. https://doi.org/10.37742/jmpo.v4i1.77
Rosmi, Y. F. (2016). Pendidikan Jasmani Dan Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. WAHANA, 66(1), 55–61. https://doi.org/10.36456/wahana.v66i1.482
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Penelitian Kuantitatif. Pemaparan Metodenpenelitian Kuantitatif, 2, 16.
Widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. Rajawali Pers
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurliani Nurliani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

