Permainan Manipulatif Untuk Peningkatan 6 Unsur Profil Pelajar Pancasila Pada Jenjang Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32528/sport-mu.v6i2.4637Keywords:
permainan, manipulatif, pelajar pancasila, sekolah dasarAbstract
Aktivitas jasmani penting untuk peningkatan kualitas hidup manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan permainan manipulatif untuk peningkatan karakter profil pelajar pancasila siswa sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan metode 4D (Define, Design, Development and Disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 4,5 dan 6 Tambun Bekasi dengan total 40 subjek. Analisis data menggunakan mix method yakni statistic descpitive kualitatif dan kuantitatif. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar refleksi diri dari buku panduan guru pendidikan jasmani Kemendikbud RI. Setelah melalui tahapan penelitian dengan metode 4D, hasil penelitian menghasilkan 10 modifikasi permainan manipulative yang memiliki 6 dimensi utama profil pelajar pancasila meliputi; ((1) beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia;(2) mandiri; (3) bernalar kritis; (4) kreatif; (5) bergotong royong dan :6) berkebhinekaan global) yang memperoleh presentase 81,55% dengan kategori sangat layak pada uji kelayakan komponen permainan oleh 3 ahli. Pada uji kelompok terbatas memperoleh 75,5% (layak) dan uji coba kelompok besar memperoleh 94,5 (sangat layak). Simpulan penelitian menjelaskan melalui modifikasi permainan manipulative dapat meningkatkan 6 dimensi utama pelajar pancasila siswa sekolah dasar
References
Adipat, S., Laksana, K., Busayanon, K., Ausawasowan, A., & Adipat, B. (2021). Engaging Students in the Learning Process with Game-Based Learning: The Fundamental Concepts. International Journal of Technology in Education, 4(3), 542–552. https://doi.org/10.46328/ijte.169
Alotaibi, M. S. (2024). Game-based learning in early childhood education : a systematic review and meta-analysis. Frontiers in Psychology, 2(April). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1307881
Byrne, E. M., Jensen, H., Stjerne, B., & Ramchandani, P. G. (2023). Educational interventions involving physical manipulatives for improving children ’ s learning and development : A scoping review. BERA, (July 2022), 1–42. https://doi.org/10.1002/rev3.3400
Dewi, R., & Verawati, I. (2022). The Effect of Manipulative Games to Improve Fundamental Motor Skills in Elementary School Students. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(1), 24–37. https://doi.org/10.46328/ijemst.2163
Kamal, N., Farra, A., Belbase, S., Tairab, H., Qablan, A., Opoku, M. P., & Safi, S. K. (2024). Impact of using virtual and concrete manipulatives on students ’ learning of fractions. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2379712
Levent, G. (2025). I am a child , i learn through play ; play-based character education. Frontiers in Psychology, (September), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2025.1613650
Maksum Ali. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Surabaya: Unesa University Press.
Mirawati, M., & Rahmawati, E. (2017). Permainan Modifikasi Untuk Stimulasi Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Anak Usia 2-4 Tahun. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(2), 38–50. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.119
Muhajir. (2017). Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTS Kelas VII. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muhajir, & Raushanfikri, Z. (2022). Buku Panduan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD/MI. Jakarta: Kemdikbud RistekDikti.
Rachman, H. A., & Anggita, G. M. (2018). The Development Pattern of Early Age Children’s Motor Skills. Ournal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 3(9), 1265–1270. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/peshr/article/view/23652/11051
Rahayu, N. I., Monica, A. D., Jajat, J., & Sultoni, K. (2021). Hubungan physical activity dengan fine motor skills pada anak usia 4 tahun. Jurnal Keolahragaan, 9(1), 118–127. https://doi.org/10.21831/jk.v9i1.34156
Santoso, N. P. (2023). Pengembangan Model Permainan untuk Meningkatkan Gerak Dasar Manipulative dan Kerjasama Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Bawah (Vol. 4). Universitas Negeri Yogyakarta.
Satria, M. H., Aliriad, H., Nuzulia, D., Abdul, I., Mangngassai, M., & Arvan, I. (2024). Game-based physical education learning to improve basic manipulative movement skills in primary school children. Edelweiss Applied Science and Technology, 8(6), 8117–8125. https://doi.org/10.55214/25768484.v8i6.3756
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukamti. (2015). Perkembangan Motorik. Yogjakarta: UNY Press.
Survey, N. H. and N. E. (2012). National Youth Fitness Survey ( NYFS ) Test of Gross Motor Development ( TGMD-2 ) Procedures Manual April 2012 Table of Contents. (April).
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Surabaya: Pustaka Ilmu.
Vinsensius, E., Hidasari, F. P., & Yanti, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bolavoli Dengan Metode Bermain. Jurnal Marathon, 1(1), 45. https://doi.org/10.26418/jmrthn.v1i1.59308
Winarno, H. M. E. (2012). Pengembangan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Jasmani & Olahraga. 1–73. Retrieved from http://fik.um.ac.id/wp-content/uploads/2018/01/Winarno-Naskah-Pengukuhan-GB-2012.pdf
Yudanto, Y. (2020). Pengaruh model aktivitas jasmani berbasis perseptual motorik terhadap gerak dasar manipulatif anak taman kanak-kanak. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 92–104. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13976
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khurotul Aini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

