Pengetahuan Pencegahan dan Penanganan Cedera pada Siswa SMA di Kota Sukabumi

Authors

  • Muhamad Rizky Ananda Agustian Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Wening Nugraheni Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Muhammad Saleh Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Keywords:

pengetahuan, pencegahan cedera, perawatan cedera

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menggambarkan sejauh mana pemahaman siswa SMA mengenai upaya pencegahan serta penanganan cedera di sekolah-sekolah negeri yang ada di Kota Sukabumi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif melalui pendekatan survei, dengan instrumen berupa tes pilihan ganda yang disebarkan menggunakan Google Form. Responden penelitian terdiri atas siswa dari lima SMA Negeri di wilayah tersebut. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa tingkat pengetahuan siswa terkait pencegahan dan perawatan cedera berada pada kategori tinggi, yaitu sebesar 376 siswa atau 58,4%. Adapun distribusi tingkat pengetahuan siswa SMA Negeri se-Kota Sukabumi terhadap pencegahan dan perawatan cedera dapat dilihat sebagai berikut, kategori “sangat tinggi” sebesar 21% atau 135 siswa, kategori “tinggi” sebesar 58.4% atau 376 siswa, kategori “sedang” sebesar 17.5% atau 113 siswa, kategori “rendah” sebesar 2.2% atau 14 siswa, kategori “sangat rendah” sebesar 0.9% atau 6 siswa. Temuan ini menegaskan bahwa mayoritas siswa memiliki tingkat pemahaman yang baik terkait pencegahan dan penanganan cedera.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Cava, A. (1995). Sports injury prevention and rehabilitation. Human Kinetics.

Collard, D. C. M., et al. (2010). Effectiveness of a school-based physical activity injury prevention programme for primary school children. JAMA Pediatrics. https://jamanetwork.com/journals/jamapediatrics/fullarticle/382761

Galih, R. (2015). Pengetahuan dan sikap dalam pertolongan pertama pada cedera.

Jurnal Pendidikan Kesehatan, 4(2), 112–118.

Göpfert, A., et al. (2018). Prevention of sports injuries in children at school: A systematic review of policies. British Journal of Sports Medicine. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6018845/

Hughes, T., et al. (2023). Evaluating the impact of injury prevention interventions in child and adolescent sport: A RE-AIM systematic review. PLOS ONE. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0289065

Irawan, B. (2011). Cedera olahraga dan penanganannya. Universitas Negeri Malang Press.

León-Guereño, P., et al. (2023). Effectiveness of an intervention to enhance first aid knowledge and attitudes among children. Children, 10(7), 1252. https://www.mdpi.com/2227-9067/10/7/1252

Mustafa, P. S. (2017). Pembelajaran pertolongan pertama dan pencegahan cedera olahraga berbasis blended learning. Universitas Negeri Malang.

Nasri, N., & Leni, A. S. M. (2021). Pengetahuan siswa ekstrakurikuler SMA Sederajat

tentang pencegahan dan penanganan cedera. Jurnal MensSana, 6(1), 1–11.

Ronald, H. (2009). Dasar-dasar pertolongan pertama. Andi Offset.

Setiawan, A. (2011). Faktor timbulnya cedera olahraga. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(1), 5–9.

Simatupang, N. (2016). Pengetahuan cedera olahraga pada mahasiswa. Jurnal Pedagogik Keolahragaan, 2(1), 15–23.

Sudijono, A. (2009). Statistik pendidikan. RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.

Suherman, A. (2000). Dasar-dasar pendidikan jasmani. FPOK UPI.

Tse, E., et al. (2023). The role of a first aid training program for young children. International Journal of Environmental Research and Public Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC10047314/

Zhang, Z. X., et al. (2024). Effectiveness of exercise-based sports injury prevention programmes in adolescents: Systematic review and meta-analysis. British Journal of Sports Medicine, 58(12), 674–684. https://bjsm.bmj.com/content/bjsports/58/12/674.full.pdf

Downloads

Published

2025-12-08