Pengaruh Musik Dangdut Koplo Terhadap Motivasi Siswa Dalam Senam Irama Ditinjau Dari Kecerdasan Musikal

Authors

  • Agis Ayu Prasty Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Ari Widiyatmoko Universitas PGRI Semarang
  • Donny Anhar Fahmi Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32528/sport-mu.v6i2.4696

Keywords:

senam irama, motivasi, musik dangdut koplo, kecerdasan musikal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh musik dangdut koplo terhadap motivasi siswa dalam senam irama ditinjau dari kecerdasan musikal pada siswa kelas XI SMA Institut Indonesia. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain One Group Pretest–Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa yang dipilih melalui teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket motivasi siswa dan tes kecerdasan musikal, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji Wilcoxon, serta ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa setelah diberikan perlakuan senam irama menggunakan musik dangdut koplo, ditunjukkan oleh kenaikan nilai rata-rata dari 53,45 pada pretest menjadi 71,67 pada posttest. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi 0,000 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Selain itu, hasil ANOVA menunjukkan perbedaan motivasi berdasarkan kategori kecerdasan musikal dengan nilai signifikansi 0,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa musik dangdut koplo berpengaruh signifikan dalam meningkatkan motivasi siswa dalam senam irama, dan kecerdasan musikal turut memberikan kontribusi terhadap perbedaan tingkat motivasi tersebut. Implikasinya, guru PJOK dapat memanfaatkan musik dangdut koplo sebagai media pembelajaran dalam senam irama untuk meningkatkan motivasi siswa dan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan.

Author Biographies

Agis Ayu Prasty, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Fajar Ari Widiyatmoko, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Donny Anhar Fahmi, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

References

Asmah, E. S. S., & Ruiyat, S. A. (2024). Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui senam ritmik. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mengajar. (khusus PAUD)

Asprizal, M., Resita, C., & Aminudin, R. (2022). Pengaruh Media Musik Remix Terhadap Minat Siswa Dalam Materi Senam Ritmik Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani SMAN 13 Depok. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 5(1), 63–78. https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v5i01.6685

Cools, W., De Frère, U., & Caplin, A. (2023). Effects of Playing Music during PE on Intrinsic Motivation of Students. Youth, 3(2), 654-670. https://doi.org/10.3390/youth3020043

Gardner, H. (2011). Frames of mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.

Gonzalez, Luiz Garcia; Katrien De Cooker; David Gonzalez-Cutre. (2025). Motivation in Physical Education. Spriger Nature. DOI:10.1007/978-3-031-86908-2

Hikmah Sari, H., Sukmayadi, Y., & Gunara, S. (2022). Pembelajaran ritmik melalui media alat musik berbasis lingkungan untuk siswa kelas VI di SD Labschool UPI. Berajah Journal, 2(4), 907–920. https://doi.org/10.47353/bj.v2i4.178

Husnah Siregar, H., Rusly Elly, & Zahratunisa, I. (2019). Pengaruh senam ritmik terhadap kebugaran jasmani siswa. Jurnal Intelek Insan Cendekia. https://doi.org/10.47353/bj.v2i4.178

Irawan, A., Mulyanto, R., & Dinangsit, D. (2022). Meningkatkan hasil belajar senam dengan perpaduan gerak berirama menggunakan audiovisual. SpoRTIVE.

Iriani, S. Z. A., & Salman, S. (2024). Menggali potensi senam dan ritmik dalam pengembangan keterampilan motorik. Pubmedia Jurnal Pendidikan Olahraga, 2(1), 10. https://doi.org/10.47134/jpo.v2i1.465

Karageorghis, C. I. (2016). Applying Music in Exercise and Sport. Human Kinetics.

Karageorghis, C. I. & Terry, P. C. (2019). Inside Sport Psychology. Human Kinetics.

Karageorghis, C. I., & Priest, D.-L. (2021). In Essentials of exercise and sport psychology (bab “Music in Sport: Conceptual Underpinnings to Applications”).

Nadhifah, L., Widiyatmoko, F.A., & Pratama, D. S. (2025). Hubungan orientasi olahraga (sport orientation), motivasi, dan tingkat disiplin sepak takraw PSTI Kendal. Jurnal Pendidikan Olahraga, 15(3), 200–206. https://doi.org/10.32682/bravos.v11i4.3454

Risma (2024). Pengaruh Kegiatan Gerak Dan Lagu Sebelum Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Kelompok B Sekolah Alam Cairo Indonesia. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Stoffmann, J., Reed, J. P., Leiting, K., Chiang, C. Y., & Stone, M. H. (2015). Repeated sprints, high-intensity interval training, small-sided games: Theory and application to field sports. International Journal of Sports Physiology and Performance, 9(2), 352–357. https://doi.org/10.1123/IJSPP.2013-0189

Wang, J. (2024). Psychological effects of music on physical exercise performance. Journal of Neonatal Surgery.

Widiastuti, S. S. (2022). Meningkatkan minat dan hasil belajar senam irama dengan media “Sekawat” siswa SMP. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 677–698. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.681

Downloads

Published

2025-12-22