Hubungan Sarana Prasarana Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Jember

Authors

  • Yulita Erma Suryani Universitas Muhammadiyah Jember
  • Toni Herlambang Universitas Muhammadiyah Jember
  • Mohammad Thamrin Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/penelitianipteks.v10i2.3288

Keywords:

Sarana prasarana, Kepuasan pasien

Abstract

Sarana prasarana merupakan faktor penunjang penting dalam memberikan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai di rumah sakit dapat memberikan kenyamanan bagi pasien, mempercepat proses penyembuhan, serta meningkatkan kualitas pelayanan secara keseluruhan. Sebaliknya, ketidakcukupan atau kualitas sarana prasarana yang rendah dapat menurunkan kenyamanan dan rasa puas pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara sarana prasarana dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Jember. Metode penelitian menggunakan desain penelitian cross sectional dengan jenis uji korelasi. Sampel penelitian ini menggunakan quota sampling dengan jumlah 150 responden. Menggunakan statistik Chi-Square dengan nilai p-value kurang dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana prasarana yang baik akan memberikan kepuasan pada pasien. Hasil Uji Chi-Square adalah p = 0,020 dan koefisien kontingensi 0,374. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan yang lebih kuat antara sarana prasarana dengan kepuasan di Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiah Jember. Kesimpulan penelitian ini dapat memperbaiki atau meningkatkan fasilitas yang ada, demi tercapainya pelayanan yang lebih baik dan kepuasan pasien yang optimal.

References

Andayani, K. V., & Cahyani, R. A. D. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Mega Putra. In Jurnal Ilmiah PERKUSI (Vol. 1, Issue 2). Repository UIN Jakarta. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i2.11031.

Arsita, R., & Idris, H. (2019). The Relationship of Hospital Cost, Service Quality and Patient Satisfaction. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 10(2), 132–138. https://doi.org/10.26553/jikm.2019.10.2.132-138

Dedi, B. (2020). Kepemimpinan dan Manajemen Pelayanan Keperawatan: Teori, Konsep dan Implementasi. Ebook, November 2019, 397.

Dharmmesta, B. S. (2019). Manajemen Pemasaran. BPFE.

Djuari, L. (2021). Buku Ajar Manajemen Pelayanan Kesehatan. Airlangga University Press.

Gibson, dan Ivancevich. 2003. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta:Bina Aksara.

Hartono. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Advance Chemical di Kota Batam. Prodi Manajemen. Diakses dari scholar.google.co.id;

Hasibuan, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revi). Bumi Aksara.

Hery. (2019). Manajemen Pemasaran. Grasindo.

Hikmah, F. (2014). Kepuasan Pasien Jamsoskes terhadap Pelayanan Kesehatan di Instalansi Rawat Inap Rumah Sakit Jember Klinik dengan Metode Servqual dan Ipa. 14 (1), 1-9.

Imbalo, S & Pohan. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: ECG

Kemenkes, R. I. (2020). Pokok-pokok renstra kemenkes 2020-2024. Kemenkes RI.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran (Erlangga (ed.)). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kurnianingrum, A. F., & Hidayat, A. (2020). The Influence of Service Quality and Price Perception on Cunsumer Trust and Revisit Intention at Beauty Care Clinic in Indonesia. Archives of Business Research, 8(6), 268–281. https://doi.org/10.14738/abr.86.8489

Mada Lena, Erna, Mursito, B., & Hartono, S. (2021). Kepuasan pelanggan ditinjau dari kualitas produk, citra merek, dan pelayanan pada outlet 3 Second Surakarta [Customer satisfaction assessed from product quality, brand image, and service: Case study at Solo boutique]. Jurnal Ekbis (Analisis, Prediksi, dan Informasi), 22(1), 55–68.

Muninjaya, (2014). Manajemen mutu pelayanan kesehatan edisi 2. JakartaBuku Kedokteran ECG

Navis, D., Sulaiman, S., Ahmad., G & (2020) Pengaruh Kepemimpinan, Kmpetensi Tenaga Kesehatan, Sarana Prasarana Terhadap Mutu pelayanan .

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (Edisi 5). Salemba Medika.

Raharjo, M. M. (2021). Manajemen Pelayanan Publik. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=G8l8EAAAQBAJ

Setyawan, F. E. B. (2020). Manajemen Rumah Sakit. Zifatama Jawara

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Sunarsih. 2014. Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Klinik Terpadu Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang, 5(2), 121-126.

Tjiptono, F. (2023). Riset Pemasaran. Penerbit Andi.

Published

2025-07-29