Pengaruh Content Marketing dan Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian melalui Variabel Mediasi FOMO (Fear of Missing Out)
Keywords:
Content Marketing, Influencer Marketing, FOMO, Keputusan PembelianAbstract
AbstrakPandemi COVID-19 telah menjadi katalisator dalam percepatan digitalisasi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Generasi Z (kelahiran 1997-2012 berusia 12-27 tahun), yang notabene sangat adaptif terhadap teknologi, dengan cepat beralih ke platform digital untuk memenuhi kebutuhan sosial, belajar, bekerja, dan berbelanja dan kebiasaan konsumsi generasi Z telah ikut berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh content marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian melalui variabel mediasi FOMO (fear of missing out). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Generasi Z pengguna media sosial Instagram, Tiktok dan Facebook di Kabupaten Jember dan jenis populasi yang akan diteliti adalah populasi infinite. Adapun jumlah sampel ditentukan dengan mengacu pada Rumus Slovin yaitu sebanyak 400 orang. Teknik atau metode pengambilan sampel yang digunakan adalah puposive sampling dan accidental sampling. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian menyatakan bahwa content marketing dan influencer marketing berpengaruh signifikan terhadap FOMO. Content marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan influencer marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. FOMO berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Content marketing dan influencer marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan mediasi FOMO. Hasil penelitian membuktikan bahwa FOMO berperan sebagai variabel mediasi.
References
Ahdiat, Adi. 2024. “Usaha Kecil Yang Jualan Online Meningkat Pada 2024.” Databoks.Katadata.Co.Id. Retrieved December 7, 2024 (https://databoks.katadata.co.id/teknologitelekomunikasi/statistik/673d705286e95/usaha-kecil-yang-jualan-online-meningkatpada-2024).
Albors, J. et al. 2008. “New Learning Network Paradigms: Communities of Objectives, Crowdsourcing, Wikis and Open Source.” International Journal of Information Management 28(3):194–202. doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2007.09.006.
Azizah, Diaz Ummu, and Elok Fitriani Rafikasari. 2021. “Pengaruh Content Marketing Dan Social Media Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen @Souvenirmurah_Ta Di Masa Pandemi.” Juremi: Jurnal Riset Ekonomi 1(1):135–46. doi: https://doi.org/10.53625/juremi.v2i1.2418.
Chowdhury, Saddam Nasir et al. 2024. “The Impact of Social Media Marketing on Consumer Behavior : A Study of the Fashion Retail Industry.” Open Journal of Business and Management 12:1666–99. doi: 10.4236/ojbm.2024.123090.
Dwi Setiana, Nilma, and Endang Tjahjaningsih. 2024. “The Influence of Content Marketing, Influencer Marketing, Online Customer Reviews on Satisfaction and Its Impact on Tiktok Consumer Loyalty (Study on Semarang City Students) Pengaruh Content Marketing, Influencer Marketing, Online Customer Review Terhadap.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 5(1):1509–17.
Hair, Joseph, and Abdullah Alamer. 2022. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) in Second Language and Education Research: Guidelines Using an Applied Example.” Research Methods in Applied Linguistics 1(3):100027. doi:10.1016/J.RMAL.2022.100027.
Hanks, Lydia et al. 2024. “Saving Local Restaurants : The Impact of Altruism , Self-Enhancement , and Affiliation on Restaurant Customers ’ EWOM Behavior.” Journal of Hospitality & Tourism Research 48:301–26. doi: 10.1177/10963480221092704.
Hardani et al. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. 1st ed. edited by H. Abadi. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hidayat, Farid. 2024. “Implementasi Pemasaran Digital Pada Perusahaan Manufaktur PT. Hanjayaperkasa Metals Indonesia.” 3(2):224–31.
Kurniadi, Ruly, and Aryo Wibisono. 2024. “Dampak Kualitas Produk Serta Influencer Marketing Dalam Keputusan Pembelian Konsumen.” Juremi: Jurnal Riset Ekonomi 4(1):201–6.
Lestiyani, Dhea Nofa, and Sugeng Purwanto. 2024. “Analisis Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Love Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 5(2):886–98. doi: 10.47467/elmal.v5i2.5513.
Maulidya Nurivananda, Shahnaz et al. 2023. “The Effect Of Content Marketing And Live Streaming On Purchase Decisions On The Social Media Application Tiktok (Study On Generation Z Consumers @Scarlett_Whitening In Surabaya) Pengaruh Content Marketing Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pa.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4(4):3664–71. doi: https://doi.org/10.37385/msej.v4i4.2498.
Ningtyas, Y. P., and R. U. A. Fauzi. 2023. “Pengaruh Promosi, Motivasi Hedonis, Fomo, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Kota Madiun.” Simba 5(September):1–12.
Norjanah, Nika Fitri et al. 2024. “Pengaruh Social Media Influencer Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Reksadana Oleh Generasi Z Yang Dimediasi Oleh FOMO.” Lancah 2(2):630–38. doi: https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i2.613.
Panjaitan, Arie Candra, and Sumitro Sarkum. 2024. “Pengaruh Social Proof Bagi Generasi Milenial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Platform E-Commerce.” JAMAK: Jurnal Aplikatif Manajemen Akuntansi Dan Kewirausahaan 01(02):86–92.
Pratiwi, Meilawati Indra, and Finisica Dwijayati Patrikha. 2021. “Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Se’i Sapiku Surabaya.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 9(3):11. doi: https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1417-1427.
Przybylski, Andrew K. et al. 2013. “Com Puters in Human Behavior Motivational , Emotional , and Behavioral Correlates of Fear of Missing Out.” Computers in Human Behavior 29(4):1841–48. doi: 10.1016/j.chb.2013.02.014.
Pulizzi, Joe. 2024. “What Is Content Marketing?” Https://Contentmarketinginstitute.Com. Retrieved December 31, 2024 (https://contentmarketinginstitute.com/what-is-contentmarketing/).
Rachmad, Yoesoep Edhie; et al. 2023. PSIKOLOGI PEMASARAN SOCIETY 5.0. I. edited by Efitra. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Radianto, Amelia Josefien Viotty, and Trisye Natalia Kilay. 2023. “Pengaruh Fomo (Fear of Missing Out) Dan Influencer Terhadap Niatan Untuk Membeli Pada E-Commerce.” Jurnal Revenue : Jurnal Ilmiah Akuntansi 4(2):490–95. doi: 10.46306/rev.v4i1.288.
Rahmawati, R. et al. 2024. “Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Skintific Di Kota Pasuruan.” MUSYTARI: Neraca Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi 7(4):1–12.
Rika Afrella, Galuh et al. 2024. “Pengaruh Content Marketing, Viral Marketing, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Pvn Pada Mahasiswa Di Surabaya.” MUSYTARI: Neraca Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi 6(7):9. doi: 10.8734/mnmae.v1i2.359.
Ritonga, Nurul Amelia Pratiwi et al. 2024. “The Influence of Content Marketing , Online Customer Reviews , and Empathy on Purchase Decision of Camille Beauty Lip Tint on TikTok.” Jurnal Manajemen Bisnis 11(2):1939–50. doi: https://doi.org/10.33096/jmb.v11i2.952.
Santri, Nabilla Wahyu Amanda et al. 2024. “Pengaruh Content Marketing Dan Citra Merek Melalui Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tea Break Di Surabaya.” MUSYTARI: Neraca Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi 6(7):11. doi: https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359.
Sasongko, Rolan Mart et al. 2023. “Fear of Missing Out Dalam Pemasaran: Kajian Literatur Dan Implikasi.” Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) 4(2):222–32. doi: https://doi.org/10.32500/jebe.v4i2.4355.
Sugiyanto, Agus et al. 2024. Perilaku Konsumen 5.0. Pertama. edited by F. Sukmawati. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Suhartini, and Dwi Maharani. 2023. “Peran Fear Of Missing Out (FoMO) Dalam Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian.” Economics and Digital Business Review 4(2):349–56.
Syamer, Diah Mutiara, and Irma Setyawati. 2024. “Pengaruh Fomo, Persepsi Harga Dan Promosi Medsos Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Karen’s Diner Jakarta.” Edunomika 8(3):1–9.
Synariah, Siti et al. 2024. “Pengaruh Video Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Skincare Beauty Glow Cianjur.” MUSYTARI: Neraca Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi 9(6):10. doi: https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359.
Utami, Silmi Nurul;, and Bestari Kumala; Dewi. 2024. “Siapa Saja Yang Rentan Terkena FOMO?” Kompas.Com. Retrieved December 7, 2024 (https://lifestyle.kompas.com/read/2024/09/19/184500420/siapa-saja-yang-rentanterkena-fomo-).
Wardah, Fathimah. 2016. “Analisis Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan JavaMifi.” Docoral Disertasion 2023(19311046):1–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Heru Dwi Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.