Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Di My Food Group

Authors

  • Irma Silviani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Jember
  • Nungky Viana Feranita Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/penelitianipteks.v10i2.3078

Keywords:

Bauran Pemasaran, 7p, kinerja penjualan

Abstract

Persaingan yang semakin ketat menyebabkan perubahan dinamika yang tidak stabil, dimana jumlah produk yang terjual mengalami fluktuasi, sehingga untuk dapat bersaing diperlukan suatu strategi pemasaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh My Food Group dalam meningkatkan penjualannya. Strategi pemasaran yang digunakan berfokus pada bauran pemasaran 7P yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process dan Physical Evidence. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian asosiatif. Data yang diperoleh berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi dari berbagai sumber yaitu pemilik, marketing sales dan konsumen. Hasil penelitian pada aspek produk menunjukkan bahwa My Food Group memiliki produk yang bervariasi, memiliki merek dan memberikan pelayanan berupa jaminan kepada konsumen. Pada aspek harga, pemberiannya cukup terjangkau dan terdapat promo setiap pembelian pada saat weekend. Aspek saluran distribusi yang dimiliki cukup strategis dengan berbagai outlet dan menggunakan sistem penjualan secara keliling yang diberi nama “Donat Jalan-jalan”. Aspek promosi sudah dilakukan melalui berbagai media sosial. Dari aspek people pelayanan yang diberikan sangat baik yang dapat dilihat dari suara, bahasa tubuh dan ekspresi wajah karyawan. Untuk aspek proses produksi My Food Group telah menerapkan SOP dan juga jadwal kerja untuk karyawan. Aspek bukti fisik yang dimiliki masih kurang optimal karena desain interior yang kurang menarik dan keterbatasan pada fasilitas yang dimiliki. Kesimpulannya My Food Group telah menerapkan strategi pemasaran 7P cukup baik, tetapi masih memerlukan perbaikan pada beberapa aspek seperti label produk, promosi langsung, proses produksi dan bukti fisik. Sehingga pelaku UMKM pada usaha kuliner harus senantiasa mengevaluasi dan menyempurnakan strategi pemasaran agar dapat meningkatkan daya saing dan kinerja penjualan secara optimal.

References

Badan Pusat Statistik. (2024). Statistik Penyediaan Makanan dan Minuman 2023 (Vol. 7). Jakarta : Badan Pusat Statistik.

Bayudhirgantara, E. M., & Hidayat, A. (2024). Peranan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Produk di Toko Regaku. Journal of Management, 7(3), 1992–2002.

Febriani, Y. I., & Siswahyudianto, S. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada Home Industry Suiip Desa Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 15(3), 355–366. https://doi.org/10.35508/jom.v15i3.7490

Filzatullah, S. R., & Riofita, H. (2024). Pentingmya Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 43134–43138.

Hendrayani, E., Basir, B., Abidin, Z., & Utomo, B. (2024). Dampak Umpan Balik Pelanggan, Kualitas Layanan, Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Kompetitif Perusahaan Teknologi Di Indonesia. Journal of Economic, Business and Accounting, 7(6), 6620–6628.

Miles, M., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. A Methods Sourcebook. USA:Sage Publications.

Nisa, A. K., & Millati, D. N. (2021). Peran Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Loyalitas dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 38–44. https://doi.org/10.56910/gemilang.v1i2.1708

Nurhayaty, M. (2022). Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, Eople, Process, Physical Evidence) 7P Di Pd Rasa Galendo Kabupaten Ciamis. Jurnal Media Teknologi, 8(2), 119–127. https://doi.org/10.25157/jmt.v8i2.2669

Prasetyo, B., & Dewi, R. (2021). Analisis Pengaruh Lokasi Strategis terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Kuliner. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(2), 45–46.

Safitri, N. A. (2023). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : K-Mesia.

Setiawan, D., & Rahayu, S. (2022). Analisis Harga dan Daya Beli Konsumen pada Produk UMKM. Jurnal Ekonomi Mikro, 7(1), 22–35.

Stanton, W. J., Etzel, M. J., & Walker, B. J. (2011). Fundamentals of Marketing. McGraw-Hill. https://books.google.co.id/books?id=JlcPAQAAMAAJ

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syafri, E. (2024). Analisa Efektivitas Implementasistandar Operasional Prosedur (SOP) Untukmeningkatkan Produktivitas Pada Perusahaan Manufaktur PT. XYZ. Neraca Manajemen, Ekonomi, 12(1), 1–6.

Tjiptono, F. (2024). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Tunggal, A. W. (2012). Audit Pemasaran. Jakarta:Harvarindo.

Wahyuni, L., & Nugroho, A. (2023). Peran Sistem Pembayaran Digital dalam Meningkatkan Efisiensi Bisnis. Jurnal Keuangan Dan Teknologi, 12(2), 67–82.

Wahyuni, T., Handayani, S., & Setiawan, R. (2019). Efektivitas Penjualan Keliling dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Produk Kuliner. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 11(3), 102–115.

Published

2025-07-29