Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Melalui Perkaderan Fungsional Model IdeDagOr untuk Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SD Muhammadiyah 1 Jember
DOI:
https://doi.org/10.32528/penelitianipteks.v10i2.3327Keywords:
Kepemimpinan Pembelajaran, Perkaderan FungsionalAbstract
Kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan peran kepemimpinan pembelajaran menjadi faktor penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini memiliki dua tujuan: pertama, untuk mengetahui usaha Kepala SD Muhammadiyah 1 Jember dalam meningkatkan kompetensi ideologi guru melalui perkaderan fungsional; kedua, untuk mengetahui model pengembangan perkaderan fungsional untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di SD Muhammadiyah 1 Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development atau dikenal dengan R & D. Langkah-langkah implementasi R & D yang digunakan menggunakan model ADDIE, meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil dan Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa usaha Kepala Sekolah untuk meningkatkan kompetensi ideologi guru melalui perkaderan fungsional dengan untuk profesi pendidik dan tenaga kependidikan. Sedangkan model pengembangan perkaderannya menggunakan IdeDagOr, yaitu Ideologi, Pedagogi, dan Organisasi
References
Dick, W., & Carey, L. (2006). The systematic design of instruction (4th ed.). New York: Harper Collins College Publishers
Gorton, R.A., & Schneider, G.T. (1991). SchoolsBased Leadership: Challenges and Opportunities. Dubuque, Iowa: Wim C. Brown Company Publisher
Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nihayati, Faza miftakhul farid, (2018). Kaderisasi Muhammadiyah Dalam Aspek Sosial di Ambarawa Pringsewu Lampung. PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, Vol.20, No. 1, Juni 2018: 30-40
Nusa Putra. (2011). Research and Development Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
Thoriq, Alfan, dkk. (2023). Sistem Ideologi Manajemen Pendidikan Kader Muhammadiyah. Akademika: Jurnal Keagamaan dan Penddikan Vol. 19 No. 1, Juni 2023, 51-60
Tim Penyusun. (2018). Sistem Perkaderan Muhammadiyah (SPM). Majelis Pendidikan Kader (MPK): PP Muhammadiyah
Soutworth, G. (2002). Instructional Leadership in School: Reflection and Empirical Evidence, dalam School Leadership and Management
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan-Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhian Wahana Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.