Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kualitas Pelayanan dengan Motivasi Sebagai Variabel Pemediasi

Authors

  • Hamid Dwi Supriyanto Universitas Muhammadiyah Jember
  • Toni Herlambang Universitas Muhammadiyah Jember
  • Haris Hermawan Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Kompetensi Sumber Daya Manusia, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi, Kualitas Pelayanan, Puskesmas Mayang

Abstract

Sektor kesehatan di Indonesia menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam hal kesetaraan dan kualitas layanan kesehatan yang diberikan kepada seluruh masyarakat. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, khususnya di Puskesmas, menjadi fokus penting dalam upaya meningkatkan sistem pelayanan di berbagai daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi sumber daya manusia (SDM), gaya kepemimpinan transformasional, dan motivasi terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Mayang, Kabupaten Jember. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Puskesmas Mayang yang berjumlah 73 orang, dengan menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data melibatkan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak Smart PLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi SDM dan gaya kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kualitas pelayanan. Selain itu, motivasi terbukti memediasi hubungan antara kompetensi SDM, gaya kepemimpinan transformasional, dan kualitas pelayanan. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya pengelolaan kompetensi SDM, penerapan gaya kepemimpinan yang transformasional, serta peningkatan motivasi tenaga kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas Mayang. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan di sektor kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik.

References

Akbar, M. R. F., Farid, M. S., Pambudining, Z. C., & Putra, A. (2024). Analisis Efektivitas Kepemimpinan Kharismatik Terhadap Kinerja dan Keberhasilan Organisasi: Studi Kasus Industri Manufaktur. Indonesian Journal of Public Administration Review, 1(3), 16–16. https://doi.org/10.47134/par.v1i3.2549

Alayda, N. F., Aulia, C. M., Ritonga, E. R., & Purba, S. H. (2024). Literature Review: Analisis Dampak Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Akses dan Kualitas Pelayanan Kesehatan: Jurnal Kolaboratif Sains, 7(7), Article 7. https://doi.org/10.56338/jks.v7i7.5573

Ambarwati, A., Florentinus, T., Rusdati, & Rifai, R. A. (2022). Transformational Leadership in the Quality Assurance System. Proceedings of the 6th International Conference on Science, Education and Technology (ISET 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.211125.038

Ansar, A., Sumar, W. T., & Tanaiyo, F. (2022). The Relationship of Transformational Leadership Behavior of School Principles and Teacher Achievement Motivation with Learning Quality. Eduvest - Journal Of Universal Studies. https://doi.org/10.36418/edv.v2i5.445

Ardhani, Z. (2025). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan: Studi Kasus Pada Perusahaan Xyz. Jurnal Syntax Fusion, 5(01), 1–13. https://doi.org/10.54543/fusion.v5i01.434

Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5104

Belo, D. L. X., & Wahyuningsih, C. C. D. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Masa Pendemi Covid 19 (Studi Kasus Di Puskesmas Ngesrep Kota Semarang). Public Service and Governance Journal. https://doi.org/10.56444/psgj.v2i02.2273

Devi, S., Wijaya, A. A., Hasibuan, I. D., Dina, P., & Andina, A. (2024). Analisis Efektivitas Penggunaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Simalingkar. Jurnal Abdi Nusa, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.52005/abdinusa.v4i2.256

Fanelli, S., Lanza, G., Enna, C., & Zangrandi, A. (2020). Managerial competences in public organisations: The healthcare professionals’ perspective. BMC Health Services Research. https://doi.org/10.1186/s12913-020-05179-5

Fushen, F. (2025). The Importance of Hospital Governance in Indonesia: Enhancing Healthcare Quality and Accountability. International Journal of Current Science Research and Review. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/v8-i1-52

Herman, H., Kamase, J., Nujum, S., & Dewi, R. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Perbaikan Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep. Jurnal Ekonomi Global, 1(2), Article 2.

Ilhami, S. D., Raymond, R., Sukma, M., Dewi, P., Rahayu, A. H., Solehudin, S., Hairudin, A., Ghozali, Z., Hasan, L., Ningsih, D. A. W. S., & Sampe, F. (2024). Manajemen Kinerja. CV. Gita Lentera.

Laksana, B. T. S., & Meirinawati, M. (2023). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Poli Umum Di Puskesmas Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Publika. https://doi.org/10.26740/publika.v11n4.p2547-2560

Larasati, L., Qohardita, R., Arumjati, V. O., Purwadhi, P., & Widjaja, Y. R. (2025). Analisis Ketersediaan Tenaga Perawat di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Restu Ibu Balikpapan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i1.16706

Lugina Jatianita, W. (2020). Transformational leaders can improve Achievement Motivation and Competence Development to support Nurses Productivity. https://consensus.app/papers/transformational-leaders-can-improve-achievement-jatianita-wekadigunawan/ee72e9ac303659e382349ad3dbbb895b/

Mahdikhani, M., & Yazdani, B. (2020). Transformational leadership and service quality in e-commerce businesses. International Journal of Law and Management. https://doi.org/10.1108/ijlma-12-2018-0290

Mihai, L.-S., & Birchi, F.-A. (2023). The Correlation Between Motivation and Employee Satisfaction in the Service Industry. New Trends in Sustainable Business and Consumption. https://doi.org/10.24818/basiq/2023/09/012

Mokobombang, W., & Natsir, N. (2024). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi: Tinjauan Pada Industri Jasa. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13756

Mubarok, Z., & Sunarto, S. (2025). Model Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional Serta Aplikasinya dalam Pendidikan Islam. Hikmah : Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 291–303. https://doi.org/10.61132/hikmah.v2i1.610

Mugambi, C. N., Muindi, D. F., Munjuri, D. M., & Ogutu, M. (2021). Human Resource Management Practices, Employee Competence and Employee Performance at National Police Service of Kenya. European Journal of Business and Management. https://doi.org/10.7176/ejbm/13-22-04

Muliawan, F., Ulum, M., & Suhendar. (2025). Analisis Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Peningkatan Kinerja Karyawan. Etnomanajemen: Journal of Management Research, 1(1), Article 1.

Nghi, T. N., Thu, H. T., & Dinh, T. T. (2022). The Relationship Between Public Service Motivation, Work Enjoyment, And Task Performance: A Preliminary Study Of Healthcare Workers In Vietnam. Journal of Liberty and International Affairs Institute for Research and European Studies - Bitola. https://doi.org/10.47305/jlia2282047n

Permatasari, E., Baroya, N., Ramani, A., Wicaksono, D., Luthfiyana, N. U., Kusumawardani, D., & Wati, D. M. (2020). Tantangan Proses Impelementasi Program Penurunan Angka Kematian Ibu di Wilayah Kerja Puskesmas Panti Kabupaten Jember. 12, 21–25. https://doi.org/10.33846/SF12106

Ponggele, R. M., Paramata, V., Rulia, R., Kosasih, K., & Asnar, E. S. M. (2025). Pengaruh Manajemen Talenta, Infrastruktur, dan Kompensasi terhadap Kunjungan Pasien di Rumah Sakit Umum Sinar Kasih Gereja Kristen Sulawesi Tengah Tentena Kabupaten Poso. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i1.18195

Pranata, Y., Ahadiat, A., Hayati, K., Erlina, R., & Rusdi, Z. M. (2024). The Influence of Leader Member Exchange (LMX) on Employee Performance through Work Motivation and Self-Efficacy as Mediation Variables: Study on Radar Lampung Employees. Asian Journal of Economics, Business and Accounting. https://doi.org/10.9734/ajeba/2024/v24i71402

Puli, J., & Sagi, S. (2022). Competency mapping building a competent workforce through human resource information system. Journal of Information and Optimization Sciences, 43, 1885–1899. https://doi.org/10.1080/02522667.2022.2140261

Putri, I. H., Jati, S. P., & Martini, M. (2023). Faktor Penghambat Pelaksanaan SPM Kesehatan pada Penderita Diabetes Mellitus: Literatur Review. Malahayati Nursing Journal. https://doi.org/10.33024/mnj.v5i8.10974

Qowiyyum, E. B., & Pradana, G. W. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (Pis-Pk) Untuk Meningkatkan Akses Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas. Publika. https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p211-226

Rafiqi, I. R. (2024). The Influence of Motivation and Service Quality Towards Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. https://doi.org/10.21776/jmppk.2024.03.2.17

Ryan, R. M., & Deci, E. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101860

Sakarneha, B. K. (2020). Management by Walking Around and Service Quality: The Moderating Role of Transformational Leadership – A Concept of the Arab Bank in Jordan. https://consensus.app/papers/management-by-walking-around-and-service-quality-the-sakarneha/c476599ffcce59698a8ab1fa41bcf943/

Sani, I., & Ibrahim, R. M. (2020). Mediating Role of Work Engagement in The Relationship between Human Resource Practices and Employee Competence in Nigerian Basic Education System: Building A Conceptual Framework. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/V10-I12/8088

Saragi, D. R. F., Andriani, R., Nuraida, A., & Wasiyem. (2025). Peran dan Fungsi Supervisor dalam Meningkatkan Efektivitas dan Produktivitas Kinerja Tim di Organisasi Kesehatan: Jurnal Kolaboratif Sains, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.56338/jks.v8i1.5904

Sari, A. I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek (Mahasiswa Pengguna Layanan Go-Ride Dan Gofood). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sariyani, D., Wasita, R. R. R., Susanto, A. D., Ariyanti, K. S., Dinatha, N. M., Naidani, N. M., & Wijayanti, P. O. (2024). Manfaat Supervisi Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan dalam A Systematic Literature Review. HOPE (The Journal of Health Promotion and Education), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.36049/hope.v1i2.287

Sharma, S., & Malodia, L. (2022). Competency mapping: Building a competent workforce through Competency-Based Human Resource Information System. Journal of Information and Optimization Sciences, 43, 1749–1762. https://doi.org/10.1080/02522667.2022.2128530

Shi, Z., & Shang, H. (2020). A Review on Quality of Service and SERVQUAL Model. 188–204. https://doi.org/10.1007/978-3-030-50341-3_15

Sibonde, A. H., & Dassah, M. O. (2021). The relationship between employee motivation and service quality: Case study of a selected municipality in the Western Cape province, South Africa. Africa’s Public Service Delivery and Performance Review. https://doi.org/10.4102/apsdpr.v9i1.499

Susilawati, M., Sulistiowati, E., & Hartati, N. S. (2020). Peran Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam Implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Lima Provinsi, Indonesia. 13–22. https://doi.org/10.22435/JPPPK.V4I1.3212

Sutan, A. J., & Al-Hamdi, R. (2020). Keadilan Semi-Libertarianisme pada Sistem Kesehatan di Indonesia: Analisis Komparatif Pemikiran Bentham dan Kant terhadap Implementasi Konsep Keadilan pada Kebijakan BPJS – Kesehatan. 9, 125–135. https://doi.org/10.22146/JKKI.55005

Tedjakusuma, A. S., Wulansari, C. F., Sinaga, G. K., Putu, I., Winata, A., Muslimin, M. R., Fermina, O. L., Pinesa, V. H., Veranita, M., & Purwadhi. (2024). Implementation of TQM in The Context of Patient Satisfaction in Various Hospitals in Indonesia. Intisari Sains Medis. https://doi.org/10.15562/ism.v15i1.1992

Waani, J. D., & Sibarani, M. (2024). The analysis of public service motivation’s influence on job enjoyment and task performance in health workers. Indonesian Journal of Multidisciplinary Science. https://doi.org/10.55324/ijoms.v3i11.976

Wiliantari, D. F., & Kurniasari, R. (2024). Pengaruh Budaya Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja pada PT. Talco Creative Indonesia Kota Tangerang. MASMAN Master Manajemen, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.59603/masman.v2i4.562

Wu, J. (2022). Transformational leadership style and small business growth. SHS Web of Conferences. https://doi.org/10.1051/shsconf/202214001051

Yunita, R., & Soelton, M. (2024). Rejuvenation of the Training Model and Transformational Leadership in Improving Service Quality at Government Banks. European Modern Studies Journal. https://doi.org/10.59573/emsj.8(1).2024.5

Zubaidah, S., Hardhienata, S., & Sunaryo, W. (2024). Service Quality Improvement Strategies Through Strengthening Organizational Culture, Transformational Leadership, Self-Efficacy, and Work Engagement. Enrichment: Journal of Multidisciplinary Research and Development. https://doi.org/10.55324/enrichment.v2i6.146

Downloads

Published

2025-07-29