Ragam Media Pelatihan RJP di Indonesia
Sistematik Review
DOI:
https://doi.org/10.32528/penelitianipteks.v10i2.3594Keywords:
Resusitasi Jantung Paru, RJP, CPR, Media Pelatihan, Pelatihan CPR, Pelatihan RJPAbstract
Latar belakang: Henti jantung masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang serius, dan kemampuan masyarakat awam dalam melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) sangat penting untuk meningkatkan angka kelangsungan hidup.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara sistematis jenis metode dan media pelatihan yang digunakan di Indonesia untuk RJP, mulai dari pendekatan konvensional hingga berbasis teknologi canggih.Metode: Studi ini merupakan telaah pustaka sistematik terhadap 18 artikel nasional yang diterbitkan pada rentang 2020–2025. Artikel dipilih berdasarkan kriteria inklusi yaitu studi yang melibatkan pelatihan RJP kepada masyarakat awam di Indonesia, dengan hasil berupa perubahan pengetahuan, keterampilan, atau retensi peserta. Pencarian literatur dilakukan melalui database Google Scholar dan Garuda menggunakan kata kunci: “pelatihan RJP”, “simulasi CPR”, “media edukatif”, dan “Indonesia”. Proses seleksi mengikuti alur PRISMA, dan penilaian kualitas studi dilakukan oleh dua reviewer independen menggunakan critical appraisal tools dari Joanna Briggs Institute (JBI). Ketidaksesuaian penilaian diselesaikan melalui diskusi panel hingga mencapai konsensus. Seluruh referensi dikelola dengan menggunakan aplikasi Mendneley untuk memudahkan pengorganisasian dan pelacakan sumber. Hasil: Hasil kajian menunjukkan keberagaman metode dan media pelatihan RJP, mulai dari demonstrasi tradisional hingga penggunaan manikin dengan parameter umpan balik serta aplikasi interaktif. Seluruh studi menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta. Ketersediaan media dan adaptasi kontekstual menjadi kunci keberhasilan pelatihan. Simpulan: Pelatihan RJP di Indonesia dapat dilaksanakan secara efektif melalui berbagai metode. Pelatih dianjurkan untuk menyesuaikan dan mengombinasikan alat bantu yang tersedia sesuai dengan tujuan pelatihan, ketersediaan sumber daya, dan profil peserta, guna menjamin terlaksananya RJP berkualitas tinggi
References
Aji, K., Adhi, M. H. P., Endiyono, & Fitiana, N. F. (2025). The Effect of Self-Directed Video on Compression Quality Using the Sikomjaru Phantom. HealthCare Nursing Journal, 7(1). https://doi.org/10.35568/healthcare.v7i1.5603
Alamsyah, Saleh, L. M., Russeng, S. S., Arsin, A. A., Amiruddin, R., Abdullah, M. T., Mallongi, A., & Handayani, T. (2024). Training Methods of Basic Life Support in Laypeople to Prevent Death Due to Cardiac Arrest: Scoping Review. Pharmacognosy Journal , 16(4), 953–959. https://doi.org/10.5530/pj.2024.16.154
American Heart Association. (2020). 2020 American Heart Association Guidelines for Cardiopulmonary Resuscitation and Emergency Cardiovascular Care. In Circulation (Vol. 142).
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Ed.). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Longman.
Andresen, D., Arntz, H. R., Gräfling, W., Hoffmann, S., Hofmann, D., Kraemer, R., Krause-Dietering, B., Osche, S., & Wegscheider, K. (2008). Public access resuscitation program including defibrillator training for laypersons: A randomized trial to evaluate the impact of training course duration. Resuscitation, 76(3), 419–424. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.resuscitation.2007.08.019
Andriani, R., Apriani, F., & Nasution, N. (2025). QuickAid Heroes : Game Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Melakukan First Aid pada Remaja. 8(1), 39–49.
Applegate, R., Aitken, D., Chang, T., & Mackinnon, R. (2015). The Implementation of Cardiopulmonary Gamification and Direct Feedback Manikins A Study in Sixth Form Student. 2015 International Conference on Interactive Mobile Communication Technologies and Learning (IMCL), November, 205–209. https://doi.org/10.1109/IMCTL.2015.7359587
Ardiansyah, F., Amandus, H., Baedlawi, A., & Handayani, V. W. (2024). IImplementing Public Education to Improve Basic Life Support For Out-of-Hospital Cardiac Arrest Victims. Community Service Journal of Indonesia, 6(2), 80–84.
Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan, K. (2023). Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 Dalam Angka.
Darwati, L. E., Prasasti, S., Setianingsih, & Asyrofi, A. (2024). Panduan Metronom Untuk Rjp Berkualitas Tinggi Dalam Pembelajaran Laboratorium Keperawatan. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kesehatan (JIKK), 1(2), 9–14.
Darwati, L. E., Prasasti, S., Setianingsih, Asyrofi, A., Alamsyah, Saleh, L. M., Russeng, S. S., Arsin, A. A., Amiruddin, R., Abdullah, M. T., Mallongi, A., Handayani, T., Fitri, E. Y., Andhini, D., Wahyuni, D., Keperawatan, B., Kedokteran, F., Sriwijaya, U., Fitrin, N. F., … Fitriana, N. F. F. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pertolongan Resusitasi Jantung Paru Dengan Satu Penolong Pada Serangan Jantung. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 16(2), 9–14. https://doi.org/10.36858/jkds.v7i1.142
Estiningtyas, S. R. et al. (2024). Comparative Analysis of Video and Demonstration Methods in Enhancing Basic Life Support ( BLS ) Knowledge and Skills among Youth in Surabaya , Indonesia. 4(5), 280–286.
Fitri, E. Y., Andhini, D., & Wahyuni, D. (2024). Pelatihan Resusitasi Jantung Paru-Kompresi Saja Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Sebagai Upaya Peningkatan Bystander di Masyarakat. GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2).
Fitriana, Nurul Fatmawati, Nitiprodjo, A. H., Juwita, D. R., Amelia, V. L., & Andodo, C. (2023). Pengaruh Pemberian Metronome Video dan Lagu Baby Shark dengan Kecepatan Kompresi Resusitasi Jantung Paru. Jurnal Keperawatan, 16, 587–594.
Fitriana, Nurul Fatwati, Suparti, S., & R, M. L. (2022). Baby Shark Safety Song Sebagai Sarana Pengenalan Dini Bystander Pada Kejadian Henti Jantung. Indonesiaan Journal Of Community Dedication (IJCD), 4(1), 1–5.
Gugelmin-Almeida, D., Tobase, L., Polastri, T. F., Peres, H. H. C., & Timerman, S. (2021). Do automated real-time feedback devices improve CPR quality? A systematic review of literature. Resuscitation Plus, 6(March), 100108. https://doi.org/10.1016/j.resplu.2021.100108
Hammad, Parellangi, Dharma, K. K., Mallongi, A., Palutturi, S., Nugroho, H. S. W., Sajidah, A., Rizani, K., Utami, N. K., Fauzan, R., & Rasyid, M. (2024). Lay Person Perceptions on Teaching Basic Life Support Using Android Smartphones on South Borneo Indonesia. Journal of Law and Sustainable Development, 12(8), e3872. https://doi.org/10.55908/sdgs.v12i8.3872
Khaledi, A., Ghafouri, R., Anboohi, S. Z., Nasiri, M., & Ta’atizadeh, M. (2024). Comparison of gamification and role-playing education on nursing students’ cardiopulmonary resuscitation self-efficacy. BMC Medical Education, 24(1), 1–6. https://doi.org/10.1186/s12909-024-05230-7
Khayudin, B. A., & Sugiyarto. (2024). Pengaruh media aplikasi penanganan henti jantung terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa keperawatan poltekkes KEMENKES Surakarta. Journal of Health Sciences Leksia, 2(5).
Kolb DA. (1984). Experience as the source of learning and development. Prentice Hall.
Kusumaningrum, B. R., Rini, I. S., & Rosida, N. A. (2019). Learning cardiopulmonary resuscitation (CPR) using an interactive method for students of an elementary school in Indonesia. Indian Journal of Public Health Research and Development, 10(10), 1642–1646. https://doi.org/10.5958/0976-5506.2019.03077.8
Mackinnon, R. J., Stoeter, R., Doherty, C., Fullwood, C., Cheng, A., Nadkarni, V., & Chang, T. P. (2015). Self-motivated learning with gami fi cation improves infant CPR performance , a randomised controlled trial. 71–76. https://doi.org/10.1136/bmjstel-2015-000061
Manik, M. J., Natalia, S., Sibuea, R., & Theresia, T. (2018). Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Untuk Masyarakat. Prosiding PKM-CSR, 1, 893–898. http://prosiding-pkmcsr.org/index.php/pkmcsr/article/view/176
Oermann, M. H., Krusmark, M. A., Kardong-Edgren, S., Jastrzembski, T. S., & Gluck, K. A. (2022). Personalized Training Schedules for Retention and Sustainment of Cardiopulmonary Resuscitation Skills. Simulation in Healthcare, 17(1). https://journals.lww.com/simulationinhealthcare/fulltext/2022/02000/personalized_training_schedules_for_retention_and.20.aspx
Ose, M. I. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pertolongan Resusitasi Jantung Paru Dengan Satu Penolong Pada Serangan Jantung. Journal of Borneo Holistic Health, 1(2), 255–263. https://doi.org/10.35334/borticalth.v1i2.511
Otero-Agra, M., Barcala-Furelos, R., Besada-Saavedra, I., Peixoto-Pino, L., Martínez-Isasi, S., & Rodríguez-Núñez, A. (2019). Let the kids play: gamification as a CPR training methodology in secondary school students. A quasi-experimental manikin simulation study. Emergency Medicine Journal, 36(11), 653 LP – 659. https://doi.org/10.1136/emermed-2018-208108
Putri, F. R. J., Abiansah, M., Alkadri, M. A., Nantana, L. M., Hendi, M., & Majid, A. (2025).
Program Pengenalan Hand-Only CPR Pada Siswa Dan Guru SD Negeri 37 Ampenan. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 24–33.
Putri, F. R. J. et al. (2025). Program Pengenalan Hand-Only CPR Pengenalan Hand-Only CPR Pada Siswa Dan Guru SD Negeri 37 Ampenan. 5, 24–33.
Rahagi, R., & Anggrasari, A. P. (2021). Video Animasi Resusitasi Jantung Paru Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Anak Usia Sekolah. Media Bina Ilmiah, 15(8), 4993–5002.
Rahmania, A., & Triwijayanti, R. (2023). Metode Role Play Basic Life Support terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Relawan Mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 5(2), 3499–3507. https://doi.org/10.31539/joting.v5i2.7411
Riegel, B., Nafziger, S. D., McBurnie, M. A., Powell, J., Ledingham, R., Sehra, R., Mango, L., & Henry, M. C. (2006). How well are cardiopulmonary resuscitation and automated external defibrillator skills retained over time? Results from the Public Access Defibrillation (PAD) Trial. Academic Emergency Medicine, 13(3), 254–263. https://doi.org/10.1197/j.aem.2005.10.010
Susila, I. M. D. P., & Laksmi, I. A. A. (2024). Simulasi Multimedia Interaktif: Meningkatkan Keterampilan CPR dan Efikasi Diri Mahasiswa Keperawatan. Bali Medika Jurnal, 11(1), 44–53. https://doi.org/10.36376/bmj.v11i1.344
Sutono, & Achmad, B. F. (2020). Effectiveness of first-aid training in school among high school students in Kulon Progo, Indonesia. International Journal of Research in Medical Sciences, 8(3), 974. https://doi.org/10.18203/2320-6012.ijrms20200765
Sya’id, A. (2019). Meningkatkan Retensi Pengetahuan High Quality CPR dengan Self Directed Video. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 7(1), 58–62. https://doi.org/10.36858/jkds.v7i1.142
Tjahjono, C. T., Arthamin, M. Z., Satwikajati, S., Afifah, Y., Lestari, D. D., & Wulandari, A. P. (2024). the Outcome of Basic Life Support Training Among Senior High School Students in Malang. Journal of Community Health and Preventive Medicine, 4(1), 8–11. https://doi.org/10.21776/ub.jochapm.2023.004.01.2
Wahid, A., Isfandiari, A. M., Aridamayanti, B. G., Wardani, S. A., Mahadani, M., Salsabila, N. I., Syarif, M., Wiguna, A. R., & Maulidah, M. (2024). Enhancing cardiopulmonary resuscitation training for the community with foam pillows: A promising approach. African Journal of Reproductive Health, 28(10), 160–167. https://doi.org/10.29063/ajrh2024/v28i10s.19
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maryami Yuliana Kosim, Sutono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.