Peran Minat Dalam Memediasi Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syari’ah Indonesia Kcp Situbondo
DOI:
https://doi.org/10.32528/jmbi.v11i1.2876Keywords:
Keputusan, Keragaman produk, Kualitas pelayanan, MinatAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Peran Minat Dalam Memediasi Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syari’ah Indonesia KCP Situbondo. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner pada 114 responden. Untuk menganalisis data penelitian ini menggunakan Strusctural Equation Modelling (SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa Keragaman produk berpengaruh positif signifikan terhadap Minat, Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Minat, Keragaman produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan, Kualitas pelayanan berpengaruh positif tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan, Minat berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan, dan pengaruh tidak lansung Keragaman produk dan Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan melalui minat nasabah.
References
Afifah, A. N. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menabung di bank syariah. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran ( JUMPER ), 3(1), 255–270. https://doi.org/10.51771/jumper.v3i1.990
Alfaini, D. (2023). Yudha Praja. 2(9), 2077–2096. https://unars.ac.id/ojs/index.php/jme/article/download/2200/3236
Ghozali, I. (2008). Structural Equation Modelling (edisi II). Universitas Diponegoro.
Hardana, A., Nasution, J., & Damisa, A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Nasabah Menabung pada PT. BSI Cabang Padangsidimpuan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 828–838. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/index
Ilmiah, J., & Islam, E. (2022). Analisis Pengaruh Quality service dan Promosi terhadap Tingkat Minat Nasabah dalam Menggunakan Jasa Bank Syariah. 8(02), 1689–1698.
Keputusan, T., Pada, P., & Kusnadi, E. (2022). Lusiana Tulhusnah. 20(1), 22–36.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Global Edition) 15th Edition (Global Edi). Essex Pearson Education Limited.
Nur Andika, A., & Mifdlol, A. (2023). Pengaruh Penerapan Prinsip Syariah, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Konsumen Menginap dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Menginap Di Hotel Ibrahim Syariah Kota Semarang). MABNY : Journal of Sharia Management and Business, 3(1), 18–21.
Pandji, A. (2010). Manajemen Bisnis. PT. Rineka Cipta.
Regiasa, T. (23 C.E.). Jurnal Studia Akuntansi dan Bisnis (The Indonesian Journal of Management and Accounting) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT. BPR KABUPATEN SERANG. Jurnal Studia Akuntansi Dan Bisnis, 11(1), 1–10.
Rinaldi, Y., Samsir, S., & Widayatsari, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Nasabah melalui Minat Nasabah Pada PT. Pegadaian. Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24014/ekl.v5i1.15973
Rochmah, M. A., & Lestari, U. P. (2024). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Pengalaman Pengguna Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Pada Apotek K-24 Senopati, Sedati. Center of Economic Students Journal, 7(3), 149–159.
Sukati, I., Putera Batam, U., & Soeprapto Muka Kuning, J. R. (2023). Pengaruh Keragaman Produk, Brand Image, Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Pada Pt Bpr Sejahtera Batam. 23(2), 84.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. January 2014, 5–6.
Utami, I. W. (2017). Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia (edisi 3). Salemba Empat.
Wafa, M. A., Yuliati, L., & Sulistiyo, A. B. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KERAGAMAN PRODUK TABUNGAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT BONDOWOSO PADA BANK MUAMALAT.
Welsa, H., Dwi Cahyani, P., & Meidyansyah, F. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1026–1036. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i3.1471
Xi, N., Persero, M., Elizabeth, R. S., & Kusnadi, E. (2022). Edy Kusnadi. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 1(10), 1996–2008.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ediyanto Ediyanto, Sofia Laili Romadhania, Alfi Satun Nadira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.