Strategi Komunikasi Pemasaran UMKM Batik Jember: Pendekatan Etnografi Dalam Meningkatkan Daya Saing

Authors

  • Ahmad Izzuddin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Moh. Halim Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/jmbi.v11i1.3105

Keywords:

komunikasi pemasaran, etnografi, UMKM Batik, strategi bisnis, budaya local

Abstract

UMKM Batik Jember memainkan peran penting dalam pelestarian budaya sekaligus sebagai penggerak ekonomi lokal. Namun, persaingan industri kreatif yang semakin ketat menuntut strategi komunikasi pemasaran yang lebih efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi untuk memahami komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM Batik Jember dengan omset di atas 7 juta per bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang efektif melibatkan kombinasi antara pemasaran langsung (pameran, tatap muka, dan sponsorship) serta pemasaran tidak langsung (media sosial dan SEO). Tantangan utama yang dihadapi UMKM Batik Jember adalah persaingan dengan batik printing dan rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya batik sebagai identitas budaya. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam strategi pemasaran berbasis budaya untuk meningkatkan daya saing UMKM Batik Jember.

References

Appadurai, Arjun (1996). Modernity at Large: Cultural Dimensions of Globalization.

Evrard, A. Y. (2017). Modernity at large: Cultural dimensions of globalisation. In Modernity at Large: Cultural Dimensions of Globalisation. https://doi.org/10.4324/9781912128990

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. In Banyumas : CV. Pena Persada.

Izzuddin, A., Halim, M., & Wibowo, Y. G. (2024). Peran Inovasi , Sumberdaya Dan Modal Sosial Terhadap Ketahanan UMKM Batik Di Kabupaten Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 10(01), 191–206.

Kuswarno, Engkus. (2008). Etnografi Komunikasi: Suatu pengantar dan contoh penelitiannya. Bandung: Widya Padjadjaran

L.J Moleong. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret).

Praswati, A. N., Mabruroh, Wafiatun Mukharomah, Helmia Khalifah Sina, & Della Mafiana. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Batik Sekar Arum. Abdi Psikonomi. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1399

Sari, E. N., & Aji, G. G. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BATIK LOCHATARA SEBAGAI PRODUK LOKAL KEDIRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN. The Commercium, 7(1). https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.55134

Sugiyono. (2019). Memahami Perbedaan Analisis Kualitatif dan Analisis Kuantitatif Dalam Penelitian Ilmiah. Manajemen.

Downloads

Published

2025-06-29