Orientasi Pasar Dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Pemasaran Yang Dimediasi Keunggulan Bersaing Petani Cabai Di Sumenep
DOI:
https://doi.org/10.32528/jmbi.v11i1.3260Keywords:
Orientasi Pasar, Literasi Digital, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran, Petani CabaiAbstract
Kinerja pemasaran petani cabai di Kabupaten Sumenep masih tergolong rendah, yang antara lain disebabkan oleh lemahnya orientasi pasar, literasi digital, dan keunggulan bersaing. Kondisi ini menuntut upaya untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran secara lebih mendalam. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar dan literasi digital terhadap kinerja pemasaran yang dimediasi oleh keunggulan bersaing pada petani cabai di Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 petani cabai sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing. Literasi digital berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Selain itu, keunggulan bersaing tidak mampu memediasi pengaruh literasi digital maupun orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kinerja pemasaran, petani cabai di Sumenep perlu memperkuat orientasi pasar dan literasi digital secara terintegrasi dengan membangun keunggulan bersaing yang lebih nyata dan adaptif terhadap perubahan pasar
References
Arisman, A., & Taufiq, A. R. (2020). Peran Orientasi Pasar dalam Meningkatkan Keunggulan Bersainng dan Kinerja Pemasaran Komodoti Buah Manggis Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Hexagro, 4(2). https://doi.org/10.36423/hexagro.v4i2.491
Astuti, I. Y., & Munir, M. (2022). Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Di Masa Recovery Pandemi Covid-19. JOURNAL OF MANAGEMENT Small and Medium Entreprises (SME’s), 15(2).
Destiani, D. V., Hernawati, D., Fauziah, M. N., Nurazizah, S. S., & Haeliahwati, S. (2024). Analysis of Product Innovation and Market Development Strategy in Increasing Sawo Sukatali Business Income. Ejournal Lppmunsup.
Dewi, A. A. A. M. W., Indrayani, L., & Tripalupi, L. E. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Kerajinan Perak Di Desa Celuk Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Jurnal Pendidikan Ekonomi2, 11(2).
Farhan, M. T., Eryanto, H., & Saptono, A. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha UMKM (Studi pada UMKM Sektor Food and Beverage di Jakarta Selatan). TRANSEKONOMIKA: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(6).
Fatmawati, R. A. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran Pada Warung Kucingan/Angkringan Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jiab.2016.12526
Fauzan, Mariatun, I. L., & Sholeh, Y. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada industri kecil menengah konveksi di Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 7(2).
Fitriana, S., Rinandiyana, L. R., & Kurniawan, D. (2019). Pengaruh Integrasi Teknologi Dan Literasi Digital Terhadap Keunggulan Bersaing Cinema 21. Jurnal Ekonomi Manajemen2, 5(1).
Iksanto, E., & Laily, N. (2024). Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Pemasaran Digital Umkm Sebagai Variabel Intervening (Kasus Pada Umkm Di Kota Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 13(7).
Irawan, E. (2023). Literature Review: Literasi Digital, Literasi Ekonomi, Dan Inovasi Bisnis Mempengaruhi Manajemen Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah. EBISMAN : EBisnis Manajemen, 1(4).
Irawan, R., Istiatin, & Pawenang, S. (2022). Kinerja Pemasaran Ditinjau Dari Keunggulan Bersaing,Orientasi Pasar Dan Kewirausahaan (Studi Pada Sentra Industri Shuttlecock Kabupaten Sukoharjo). Edunomika, 6(1).
Isdiantoni, Anekawati, A., Herli, M., & Pramasari, I. F. (2024). Strategi Pengembangan Pemasaran Pertanian Di Kabupaten Sumenep. KARATON: Jurnal Pembangunan Sumenep, 4(1).
Kencana, P. A. P., & Giantari, I. G. A. K. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran. Buletin Studi Eknomi, 26(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24843/BSE.2021.v26.i02.p03
Kiswanto, B., & Pratama, A. A. N. (2024). Determinasi Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Pada UMKM Dengan Literasi Digital Sebagai Variabel Moderasi. AL-IQTISHOD: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v12i2.1612
Ma, W., Rahut, D. B., Sonobe, T., & Gong, B. (2024). Linking farmers to markets: Barriers, solutions, and policy options. Economic Analysis and Policy, 82. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.eap.2024.05.005
Mahadewi, A. A. A. D. P., & Suasana, I. G. A. K. G. (2023). The Role of Competitive Advantage in Mediating the Effect of Market Orientation on Marketing Performance Florist in Denpasar City. International Journal of Social Science and Business2, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i3.60840
Mamengko, D. G., Tawas, H. N., & Raintug, M. C. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Kawangkoan). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 486–499. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45937
Mamengko, D. G., Tawas, H. N., & Raintung, M. C. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Kawangkoan). Jurnal EMBA, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45937
Naninsih, N., Alam, S., & Indriasari, D. P. (2022). Pengaruh Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Digital Marketing. YUME : Journal of Management, 5(2). https://doi.org/10.2568/yum.v5i2.2672
Navanti, D., Jumawan, J., Bustomi, Y., Sulaeman, D., Tarigan, L. S. P., Saputra, D. R., Ramadhani, M. R., Hasanazwa, R. K. Z., & Octavian, W. D. (2024). Dampak Transformasi Digital Dan Literasi Digital Terhadap Keunggulan Bersaing Bisnis Di Era Modern (Studi Pustaka). Indonesian Journal of Economics and Strategic Management (IJESM), 2(1).
Raintung, M. C., Kawet, R. C., & Lumatow, R. Y. (2024). Pengaruh Orientasi Pasar Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi Pada Pelaku Usaha Industri Rumah Panggung Di Kecamatan Woloan Kota Tomohon. Urnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 11(3). https://doi.org/https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i3.59136
Statistik, B. P. (2024). Kabupaten Sumenep dalam Angka 2024. Web-Api.Bps.Go.Id. https://web-api.bps.go.id/download.php?f=1nR7o6LJGl55zCJOtKtcEmlrR1VReWl4ZFE0SlNmSUUyaHM1TVZKUWIzdkNqNDFXQlZhczR2WmlVczY0bnBWenR3RDRwc1RaVHRXaWNqeWt6eXl6NTNTelR6TnJQLzY1c1dhV0RZY1M5SVg2U2VVdUt1UldOSmVYVlorZjJEZ0tLN0hhUlp2K2FCVzlidFJBZmNObTZHSnRwNmM5WC9COG
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Supriatna, T., Juhandi, D., & Rasipan. (2022). Promosi Media Sosial dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Pemasaran yang di Moderasi Akses Fasilitas Digital. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.37366/master.v2i2.481
Sustiyana, & Iswahyudi. (2020). Evaluasi Risiko Dalam Rantai Pasok Cabai Di Kabupaten Sumenep. Jurnal Hexagro, 4(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ratna Dewi, Rachmad Hidayat, Sri Rahayu, Rifda Fitrianty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.