Pengaruh Brand Experience Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty Yang Dimediasi Brand Awareness Bawang Merah Sumenep
DOI:
https://doi.org/10.32528/jmbi.v11i1.3261Keywords:
Brand Experience, Brand Image, Brand Awareness, Brand Loyalty, Bawang Merah SumenepAbstract
Dalam era persaingan pasar yang semakin kompetitif, penguatan loyalitas merek menjadi kunci dalam mempertahankan konsumen, termasuk pada komoditas lokal seperti bawang merah Sumenep. Brand experience dan brand image berperan penting dalam membentuk persepsi konsumen, sementara brand awareness menjadi jembatan yang dapat memperkuat hubungan keduanya terhadap brand loyalty. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand experience dan brand image terhadap brand loyalty, dengan brand awareness sebagai variabel mediasi pada produk bawang merah Sumenep. Persaingan dalam dunia agribisnis semakin ketat, sehingga upaya penguatan merek menjadi penting untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Structuran Equation Model. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelanggan bawang merah Sumenep yang jumlahnya tidak diketahui, sampel dihitung menggunakan rumus Cochran dan mendapatkan hasil 97 responden konsumen bawang merah Sumenep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand experience berpengaruh positif terhadap brand awareness dan brand loyalty. Brand image juga berpengaruh positif terhadap brand awareness dan brand loyalty. Selain itu, brand awareness terbukti mampu memediasi pengaruh brand experience dan brand image terhadap brand loyalty. Temuan ini menegaskan pentingnya membangun pengalaman merek dan citra merek yang kuat untuk meningkatkan kesadaran dan loyalitas konsumen terhadap produk lokal seperti bawang merah Sumenep.
References
Afiftama, I., & Nasir, M. (2024). The Effect of Brand Image, Brand Trust and Customer Experience on Brand Loyalty. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 12(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37641/jimkes.v12i1.2403
Agnesia, R., & Kamener, D. (2022). Pengaruh Brand Experience Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi Pada Konsumen Smartphone Iphone Di Kota Padang. 21(2).
Alwaniya. (2019). Preferensi Konsumen Terhadap Bawang Merah Lokal Rubaru Di Pasar Banasare. CEMARA, 16(1).
Ang, C. E., & Keni. (2021). Prediksi Brand Experience Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty: Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan2, 3(1). https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11286
Cahya, A. R., Ningrum, N. K., & Hutami, L. T. H. (2024). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Yang Dimediasi Oleh Brand Affection, Customer Satisfaction, Dan Brand Passion. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 13(05).
Cahyani, I. I. D., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty Pelanggan. Journal of Management and Business, 5(1).
Darojat, A. R., & Lestari, W. D. (2024). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Produk Pakaian Dalam Pada Platform Tiktok). Edunomika, 98(04).
Eslami, S. (2020). The effect of brand experience on brand equity and brand loyalty through the mediating role of brand awareness, brand image and perceived quality. Archives of Pharmacy Practice, 11(1).
Gunawan, D. C., & P, A. J. W. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Experience Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Pada Game Esports Mobile Legends Bang Bang Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 10(2).
Huang, R., & Sarigöllü, E. (2012). How brand awareness relates to market outcome, brand equity, and the marketing mix. Journal of Business Research, 65(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.02.003
Huat, D. O. C., Lee, H. W., & Ramayah, T. (2018). Impact of brand experience on loyalty. Journal of Hospitality Marketing & Management. https://doi.org/10.1080/19368623.2018.1445055
Iman, A. A., & Kurniawati. (2023). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Dengan Customer Engagement Sebagai Variabel Mediator Pada Produk Fashion Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1).
Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, Measuring, and Managing Customer-Based Brand Equity. Journal of Marketing, 57(1).
Khan, I., Rahman, Z., & Fatma, M. (2017). Antecedents and outcomes of brand experience: an empirical study. Journal of Brand Management, 24(2). https://doi.org/10.1057/s41262-017-0040-x
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education. https://students.aiu.edu/submissions/profiles/resources/onlineBook/S3D7W4_Marketing_Management.pdf
Pamungkas, Yudha, A., HW, A. S., & Pratiwi, D. E. (2023). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Commitment, Brand Awareness, dan Customer Advocacy pada Konsumen Restoran 7seven Chicken Kota Malang. [Universitas Brawijaya]. https://repository.ub.ac.id/id/eprint/207133/
Ranti, G., & Arslan, R. (2024). Pengaruh Brand Trust, Brand Experience, dan Brand Awareness terhadap Brand Loyalty pada Aplikasi Pesan Instan Line melalui Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada pengguna Line Generasi Z). EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(6).
Sari, V. I. P., & Rahardani, M. E. (2024). Hubungan Brand Experience Dan Brand Authenticity Terhadap Brand Loyalty: Brand Love Sebagai Variabel Mediasi. Edunomika, 8(1).
Selvia, & Nugroho, R. H. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Brand Satisfaction terhadap Brand Loyalty Pada E-Wallet Gopay. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(5). https://doi.org/DOI: 10.47476/reslaj.v6i5.1586
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Valimsya, L., Januardin, Sianturi, H. A., & Rudi. (2022). The Effect Of Brand Image And Brand Trust On Brand Loyalty Of Blibli.Com Users (Case Study On Prima Indonesia University Students, Medan). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(5).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sugiarti Sugiarti, Rachmad Hidayat, Sri Rahayu, Rifda Fitrianty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.