Efektivitas Pemanfaatan Media Artificial Intelligence pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Pemdahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan referensi
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3157Keywords:
Artificial intelligence, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan media artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Garut. Pemanfaatan AI dalam pembelajaran PAI dinilai dapat membantu mewujudkan proses pembelajaran yang lebih terarah, terukur, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik, serta mendorong personalisasi dan inovasi dalam penyampaian materi keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, yang memfokuskan pada pengalaman subjektif guru pada mata pelajaran rumpun PAI dan peserta didik dalam memanfaatkan AI pada proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sebagian guru dan siswa telah memanfaatkan AI dalam mendukung proses pembelajaran, namun implementasinya belum optimal dikarenakan beberapa guru dan peserta didik masih belum memahami sepenuhnya akan teknologi, infrastruktur yang belum merata, serta minimnya kebijakan dan regulasi yang mengatur pemanfaatan AI dalam lingkungan pendidikan. Selain itu, tantangan lain yang dihadapi dalam penerapannya yakni adanya potensi ketergantungan siswa terhadap teknologi dan kurangnya pengawasan dalam pemanfaatan AI yang berpotensi menurunkan kemandirian belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi perencanaan yang sistematis, pendampingan yang intensif oleh guru, serta dukungan kebijakan baik dari pihak sekolah dan pemerintah agar AI dapat dimanfaatkan secara bijak dan efektif dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan inovasi pembelajaran PAI berbasis teknologi di era digital.
References
Ainiyah, & Wulandari. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence (Ai) Sebagai Penunjang Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Mengembangkan Kreativitas Dan Inovasi Guru. 9(2), 139–152. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/isema.v9i2.40400
Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431
Farwati, M., Talitha Salsabila, I., Raihanun Navira, K., Sutabri, T., & Bina Darma Palembang, U. (2023). Analisa pengaruh teknologi artificial intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari [Analyze the influence of artificial intelligence (AI) technology in daily life]. Jurnal Sistem Informatika Dan Menejemen, 11(1), 41–42.
Grubaugh, S., & Levitt, G. (2023). Artificial Intelligence and the Paradigm Shift: Reshaping Education to Equip Students for Future Careers. International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 10(06), 7931–7941. https://doi.org/10.18535/ijsshi/v10i06.02
Hakim, F., Fadlillah, A., & Rofiq, M. N. (2024). Artificial Intellegence (AI) dan Dampaknya Dalam Distorsi Pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 129–144. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v13i1.1330
Hashimov, E. (2015). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook and The Coding Manual for Qualitative Researchers. Technical Communication Quarterly, 24(1), 109–112. https://doi.org/10.1080/10572252.2015.975966
Isti’ana, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302–310. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.493
Lubis, S. H., Naldi, A., Reskina, R., Lubis, A. F., & Nurhayati, N. (2023). Inovasi Penggunaan AI (Artificial Intelligenc) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 4 Persiapan Kota Medan. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 4(2), 105–129. https://doi.org/10.51672/jbpi.v4i2.213
Luh Putu Ary Sri Tjahyanti, Putu Satya Saputra, & Made Santo Gitakarma. (2022). Peran Artificial Intelligence (Ai). Peran Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19, 1(2), 15–21.
Meiliawati, A. E., Zulfitria, & Sugiarto, T. W. (2024). Penggunaan Media Berbasis Artificial Intelligence (Ai) Untuk Menunjang Proses Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas: a Literature Review. INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1), 12–17. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Info
Pertiwi, G. R., Jailani, M. S., & Isma, A. (2024). Implementasi Artificial Intelligence dalam Sebuah Perspektif Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 3725–3733. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7436
Putri, V. A., Sotyawardani, K. C. A., & Rafael, R. A. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya, 2, 615–630.
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, November, 214–226. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752
Rochmawati, D. R., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan Untuk Pendidikan. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informatika, 2(1), 124–134. https://doi.org/10.59820/tekomin.v2i1.163
Ronsumbre, S., Rukmawati, T., Sumarsono, A., & Waremra, R. S. (2023). Pembelajaran Digital Dengan Kecerdasan Buatan (AI): Korelasi AI Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1464–1474. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5761
Rubini, & Herwinsyah. (2023). Penerapan Artificial Intelligence Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Al-Manar. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 12(2), 79–89.
Sapura, A. O. (2024). Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence pada Pembelajaran Al-Islam di Digital Technology Class Program. 7(2), 179–188. https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2441
Sari, A. K., Amin, K., & Isnanimataka, M. (2024). Etika Artificial Intelligence ( AI ) dalam Pendidikan Islam : Mengatasi Tantangan Distorsi dan Misinterpretasi. Agustus.
Treve, M. (2024). Integrating Artificial Intelligence in Education : Impacts on Student Learning and Innovation. 10(2), 61–69.
Zaluchu, S. E. (2020). Di Dalam Penelitian Agama. Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat,. Jurnal, 4, 28–38.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Lutfi Alfayumi, Asep Tutun Usman, Nenden Munawaroh, Masripah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.