Penanaman Nilai Moderasi beragama Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Ekstrakurikuler

Authors

  • Rusdiyanto Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ahmad Nur Mahfuda Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3247

Keywords:

Moderasi Islam. Ekstrakurikuler

Abstract

Penanaman karakter tentang konsep moderasi beragama sejak dini (siswa MI) akan memunculkan sikap anak bangsa yang teguh dan yakin dengan agama yang dianut yaitu agama Islam namun tetap mengedepankan toleransi beragama sehingga kelak akan menjadi generasi yang santun beragama cinta negara sehingga dapat terwujudnya negara Indonesia yang baldatun thayobatun warabun ghafurun yang dilandasi trilogi ukhuwah: ukhuwah Islamiah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah basyariah. Jenis penelitian metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus, dalam pengumpulan data memakai wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (I) strategi Guru dalam menanamkan Nilai Moderasi beragama Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Ekstrakurikuler diantaranya, a) Pembelajaran EkstraKurikuler, diantaranya i) Bahasa Inggris ii) Ke-NU-an, b) Kegiatan Ekstra kurikuler diantaranya, i) Pramuka ii) Pagar Nusa dan iii) sepakbola (2) Nilai-Nilai Moderasi beragama Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Ekstrakurikuler diantaranya a) Toleransi b) Persamaan (egaliter) c) I’tidal d) Kedamaian dan e) Nasionalisme

References

Abdul Karim Hamdi,. 2019 Implementasi Moderasi Pendidikan Islam Rahmatallil’Alamin dengan Nilai-Nilai Islam. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan

Abror, 2020 Moderasi beragama dalam bingkai toleransi. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam

Ahmad Ahmad Mukhtar Umar, 1423/2002 al-Mu’jam al-Mausu’i li al-Fadz Al-Qur’an al-Karim wa Qira’atihi, Riyadh: Mu’assasah Suthur al-Ma’rifah, cet. Ke-1

Arifin, B., & Huda, H. (2024). Moderasi Beragama sebagai Pendekatan dalam Pendidikan Islam Indonesia. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 7(2), 143–154. https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2464

Azaki Khoirudin . https://ibtimes.id/al-musawah-kesetaraan-derajat-manusia-tafsir-qs-al-hujurat-ayat-13/ (diakses pada tanggal 06-01-2021)

https://mediaindonesia.com/nusantara/64540/sekolah-larang-hormat-bendera (diakses padatanggal 20-12-2021)

Husni Sahal dan Abdullah Alawi, Pesan Ketum PBNU Untuk NU Online Selalu

Iis Uun Faradina, 2019 Penanaman Pendidikan Nilai Moderasi Agama Pada Siswa Kelas X SMK Gula Rajawali Madiun. jurnal Masile: Jurnal Studi Ilmu Keislaman, Vol.1 No.1 Juli-Desember

Jhonson, David W., Rojet T. Jhonshon, and Edythe Jhonshon Holubec. 2017. Colaborative learning: strategi pembelajaran untuk sukses bersama. Nusa Media

Kasman, & Makhrus. 2021. Pendidikan Multikultural antara NU dan Muhammadiyah. Juournal of Islamic Education Research, 2(1), 64 76.https://doi.org/10.35719/jier.v2i1

Lexy J. Maleong. 2009 Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

M.daryanto, 1998 Administrasi Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta

Maarif Nurul, 2017 Islam Mengasihi Bukan Membenci Bandung: PT. Mizan Pustaka

Masduki Duryat, 2021 Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Penerbit Alfabeta

Muhammad Nazir, 2000. Metode penelitian Jakarta : Ghalia Indonesia

Mukhlis M. Hanafi, et. Al, 1431/2010 Tafsir Al-Qur’an Tematik, entri: Hukum Keadilan dan Hak Asasi Manusia, Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran, cet. Ke-1

Mustakim, 2020 Moderasi Beragama Melalui Keteladanan Dakwah Walisongo Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 5 Magetan Jurnal: Volume 1 Issue 1

Ninik Indawati,. 2008 Pengaruh Motivasi Belajar Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS (Studi terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Ngijo III Kec. Karangploso Kab. Malang).Prosiding Seminar Nasional.

Priyantoro Widodo dan Karnawati, 2019 Moderasi Agama dan Pemahaman Radikalisme di Indonesia, jurnal, Pasca Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen Volume 15, Nomor 2, Oktober

Quraish Shihab, 2019 Wasathiyyah, Wawasan Islam Dalam Moderasi Beragama, Tangerang : Penerbit Lentera Hati

Saiful B Djamharah,. 2005 Strategi Belajar Mengajajar Fakultas Tartbiyah, Bandung:Pustaka Setia,

Sampaikan Islam Moderat, dalam https://www.nu.or.id/post/read/108471/pesan-ketumpbnu-untuk-nu-online-selalu-sampaikan-islam –moderat (diakses pada tanggal 07-012021)

Saputra, Imron Bima, and Fachruddin Azmi. 2022 Religious Moderation in Indonesia. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Suharsimi Arikunto. 1998 Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Toto Suharto, 2017 Indonesianisasi Islam: Penguatan Islam Moderat dalam Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Al-Tahrir, Jurnal Pemikiran Islam, Vol.17, No.1

Zuhairi Misrawi, 2010 Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari moderasi, keutamaan dan kebangsaan, Jakarta: Buku Kompas, Cet.1

Downloads

Published

2025-09-06

How to Cite

Rusdiyanto, & Ahmad Nur Mahfuda. (2025). Penanaman Nilai Moderasi beragama Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Ekstrakurikuler. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 8(2), 295–306. https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3247