Konsep Pendidikan Multidisipliner Berbasis Paradigma Twin-tower di Lingkungan Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3417Keywords:
Pendidikan Multidisipliner, Paradigma Twin-tower, PesantrenAbstract
Pembelajaran PAI di lingkungan pesantren saat ini masih banyak yang menggunakan pendekatan monodisipliner, sedangkan dunia pesantren saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan perkembangan zaman untuk mencetak generasi muslim yang berkualitas, baik dalam ilmu agama maupun umum, dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah konsep pendidikan multidisipliner yang relevan dan terintegrasi paradigma Twin-tower yang berada di lingkungan pesantren melalui studi pustaka. Artikel ini disusun melalui pendekatan studi kepustakaan (library research), data yang digunakan diperoleh dari berbagai literatur yang relevan seperti buku teks, artikel ilmiah, dan ebook. Pengumpulan data dilakukan dengan menyisir berbagai sumber yang relevan dengan subjek penelitian. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk menguraikan dan menyimpulkan berbagai informasi terkait pendidikan multidisipliner, paradigma Twin-tower; dan pendidikan di lingkungan pesantren.. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa paradigma Twin-tower dapat diimplementasikan di lingkungan pesantren sebagai model integrasi dari ilmu keagamaan dan ilmu pengetahuan umum. Paradigma ini melambangkan dua disiplin keilmuan yang saling melengkapi, setara, dan relevan. Konsep pendidikan multidisipliner berbasis paradigma twin-tower menawarkan solusi inovatif untuk mencetak generasi muda yang adaptif dan holistic bagi lingkungan pesantren.
References
Akbar, A., & Barni, M. (2022). Pendidikan Islam Multi, Inter, dan Transdisiplin (tinjauan Sejarah). 12(1), 15–28.
Arifin, Z., & Zainuddin, Z. (2022). Analisis Pendekatan Kajian Keislaman Pendidikan Tinggi Berbasis Pesantren. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 19(3), 797–810.
Bakar, O., & Purwanto. (1998). Bakar, Osman. (1998). Hierarki Ilmu: Membangun Rangka Pikir Islamisasi Ilmu. Mizan. Bandung (Cet. 3). Bandung: Mizan.
Firdaus, Moh. F., Maulana, M. A. K., & Aris, M. (2022). Paradigma keilmuan twin towers uin sunan ampel surabaya perspektif michel foucault. Journal of Islamic Thought and Philosophy, 1(01).
Hakim, Moh. F. (2017). Paradigma Integrated Twin Towers dalam Studi Hubungan Internasional Kontemporer. Journal of Integrative International Relations, 3(2), 1–17. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4783937
Hanun, A. (2016). Asrahah Hanun. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Ibrahim, P., Yahiji, K., & Pettasolong, N. (2024). Implementasi Multidisiplin dalam Mengatasi Dikotomi Materi PAI di Pondok Pesantren Al-Falah. Educator: Directory of Elementary Education Journal, 5(1), 85–93. https://doi.org/10.58176/edu.v5i1.1548
Mahendra, H., & Dewi, E. (2023). Konsep Pendidikan Islam Abuddin Nata. EL-DARISA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).
Maswati, M., & Tobroni, T. (2024). Penerapan Mono Disipliner, Interdisipliner, Multi Disipliner, dan Transdisipliner dalam Pendidikan Agama Islam. ISTIQRA’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1).
Merriam-Webster, M.-W. (1996). Multidisiplin. Dalam kamus Merriam-Webster.com. Retrieved from https://www.merriam-webster.com/dictionary/multidisciplinary
Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner (1st, Cet 2 ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Ni’mah, M., & Sari, N. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Berparadigma Integratif Mutidisipliner Model Twin Towers (Studi Kasus Kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya). Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 74–95.
Qomar, M. (2020). Pendidikan Islam: Multidisipliner, Interdisipliner, dan Transdisipliner (Cet 1). Malang: Madani Media.
Rahmat, R. (2017). Pendidikan Agama Islam Multidisipliner (Telaah Teori dan Praktik Pengembangan PAI di Sekolah dan Perguruan Tinggi) (Cet 1). Yogyakarta: LKIS Yogyakarta.
Saharuddin, M., & Tobroni, T. (2024). Model Penelitian Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi-Interkoneksi: Analisis Pendekatan Pohon Ilmu, Jaring Laba-Laba, dan Twin Tower. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 1(4), 169–182. https://doi.org/10.61132/karakter.v1i4.203
Saputra, A., Akbar, A. F., Asmuri, A., & Darimus, D. (2024). Kebijakan Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren. Jurnal Kajian Ilmiah Multidisipliner, 8(12), 258.
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Supriyanti, I., & Huda, H. (2025). Religious Tolerance of the Young Generation: Religious Convergence in Education. Proceeding International Conference on Religion, Science and Education, 4, 31–40. Retrieved from https://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/icrse/article/view/1454
Sudikan, S. Y. (2015). Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1), 1–30.
Syaifuddin, H. (2023). Integrated Twin Tower dan Islamisasi Ilmu. Jurnal Pendidikan Islam, 01(01), 2–20.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. , Pub. L. No. 18 (2019).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fina Qotrunnada Fuadiyah, Nafisah Al Ainiyah, Ali Masud

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.