Ketahanan Ṣaḥīḥ Al-Bukhārī Terhadap ‘Illah: Studi Hadis Safar Perempuan Dalam Perspektif Pendidikan Karakter
Ketahanan Hadis Sohih Bukhari tentang Perempuan safar tanpa mahram terhadap Illat dan Relevansinya terhadap Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3571Keywords:
Ṣahih al-Bukhārī, ‘illah al-ḥadīth, Pendidikan Karakter.Abstract
Di era globalisasi saat ini, perempuan semakin aktif dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan, pekerjaan, dan aktivitas sosial lainnya. Tidak jarang mereka melakukan perjalanan jauh tanpa pendampingan laki-laki (maḥram), yang menjadi bagian dari gaya hidup perempuan modern yang mandiri (independent women). Fenomena ini bertentangan dengan teks hadis Nabi SAW yang melarang perempuan melakukan safar tanpa maḥram, sebagaimana terdapat dalam sejumlah riwayat, termasuk dalam Ṣaḥīḥ al-Bukhārī. Hadis tersebut telah menjadi diskursus panjang di kalangan ulama, baik dari aspek fikih maupun kritik hadis, terutama dalam konteks modern yang menuntut reinterpretasi berbasis maqāṣid dan realitas sosial. Dalam konteks pendidikan karakter, fenomena safar perempuan tanpa maḥram penting dikaji karena menyangkut aspek moralitas, tanggung jawab, kemandirian, serta kemampuan perempuan dalam menjaga diri dan etika perjalanan. Lebih dari itu, hadis safar perempuan juga mengandung indikasi ‘illah berupa ziyādah al-thiqah, yang membuka peluang untuk dikaji ulang melalui pendekatan kritik sanad dan matan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi pendidikan karakter dalam hadis safar perempuan tanpa maḥram serta menganalisis ketahanan Ṣaḥīḥ al-Bukhārī terhadap indikasi ‘illah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan teknik takhrīj, kritik sanad, dan kritik matan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter memiliki keterkaitan erat dengan hadis safar perempuan, khususnya dalam aspek moral, etika, dan tanggung jawab perempuan. Meskipun hadis ini diriwayatkan oleh Ṣaḥīḥ al-Bukhārī dan terindikasi mengandung ‘illah berupa ziyādah al-thiqah, namun indikasi ini tidak bersifat qāḍiḥah (melemahkan hadis), sehingga tidak menggugurkan kehujahan hadis tersebut dalam konteks penguatan nilai-nilai karakter perempuan.
References
Abu Abdullah Al-Bukhari. (n.d.). sohih Al-Bukhari. Dar Tauq an-Najah.
Adh-Dhahhak, M. bin ’Isa bin S. bin M. bin. (n.d.). Sunan at-Tirmidzi. Syirkah Maktabah wa Matba’ah Mustafa al-Babi al-Halabi.
Aisyah, I. A. P., & Abdurrahman, M. S. (2022). TSULATSIYAT BUKHARI; Metode Takhrij dan Karakteristiknya dalam Sanad Shahih al-Bukhari. Nabawi: Journal of Hadith Studies, 2(2).
Al-asqalani, ibnu hajar. (1379). fathul bari. dar al-ma’ifat.
Al-Khurasani, A. A. A. bin S. bin A. (n.d.). Sunan al Sughra an Nasa’i. maktabah Al Islamiyah.
Al-Mizzī. (n.d.). Tahdhīb al-Kamāl fī Asmāʾ al-Rijāl. Muʾassasat al-Risālah.
Al-Qazwini, I. M. A. A. M. bin Y. (n.d.). Sunan Ibn Majah. Dar Ihya’ Al-Kutub Al-Arabiyyah.
Al-ʿAynī, B. al-D. A. M. M. ibn A. (n.d.). Umdat al-Qārī Syarḥ Ṣaḥīḥ al-Bukhārī (D. I. al-T. Al-ʿArabī (ed.)).
Darna, I. W. (2023). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Siapa?: Pentingnya Sinergi Rumah, Sekolah dan Masyarakat demi Membentuk Karakter Siswa. Nilacakra.
Dawud, A. (n.d.). Sunan Abi Dawud. Al-Maktabah al-’Ashriyyah, Shayda.
Fuaddin, A., & Mutaqin, M. I. (n.d.). Reinterpretation Of The Meaning Of The Hadith On Prohibition For Women To Travel Without A Mahram: The Ma’na-cum-Maghza Approach.
Hanbal, A. A. A. bin M. bin Ha. (n.d.). Musnad Imam Ahmad bin Hanbal. Maktabah Al-Risalah.
Handayana, S., & Budiman, A. (2020). Pemahaman proposional tentang mahram sebagai pendamping dalam perjalanan perempuan. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 3(01), 85–103.
Herawan, K. D., & Sudarsana, I. K. (2017). Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Geguritan Suddhamala Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 223–236.
Iqbal, M., Panjaitan, A. Y., Helvirianti, E., Nurhayati, N., & Ritonga, Q. S. P. (2024). Relevansi pendidikan karakter dalam konteks pendidikan Islam: Membangun generasi berkarakter islami. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 13–22.
Kamaruddin, I., Zulham, Z., Utama, F., & Fadilah, L. (2023). Pendidikan karakter di sekolah: Pengaruhnya terhadap pengembangan etika sosial dan moral siswa. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 140–150.
Mahmuddin, R., Syandri, S., Amirullah, M., & Syam, M. A. F. (2021). Hukum Safar Bagi Wanita Tanpa Mahram Menurut Mazhab Syāfi’ī Dan Hambalī. BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam, 2(3), 445–456.
Mālik, A.-M. li al-I. (n.d.). Al-Muwaṭṭaʼ. Dār Iḥyāʼ al-Turāth al-‘Arabī.
MARCIANO, R. (2022). Kontekstualisasi Rasa Aman Bagi Perempuan Musafir Tanpa Mahram Perspektif Hadis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Muhammad bin Abdul Hadi at-Tatwi, Abu al-Hasan, N. as-S. (n.d.). Hasyiah as-Sindi ’ala Sunan Ibnu Majah = Kifayah al-Hajah fi Syarh Sunan Ibnu Majah. Dar al-Jil.
Muḥammad ibn Ḥibbān ibn Aḥmad ibn Ḥibbān ibn Maʿādh ibn Maʿbad, al-Tamīmī, Abū Ḥātim, al-Dārimī, al-B. (n.d.). Mashāhīr ʿUlamāʾ al-Amṣār wa-Aʿlām Fuqahāʾ al-Aqṭār. Dār al-Wafāʾ li-l-Ṭibāʿah wa-l-Nashr wa-l-Tawzīʿ – al-Manṣūrah.
Munasib, M., Taufiq, M., & Sumantri, R. A. (2023). The Urgency of Civic Education in the Nation Character Building. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 169–177.
Muslim bin al-Hajjaj. (n.d.). sohih Muslim. Da AL Toba’ah Al amiroh.
Sadijah, C. (2024). Pandangan Yusuf Al-Qaradhawi Terhadap Hadis Larangan Perempuan Bepergian Tanpa Mahram Dan Relevansinya Dengan Pelaksanaan Haji Bagi Perempuan. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 9(2), 19–33.
Shams al-Dīn Abū ʿAbdillāh Muḥammad ibn Aḥmad ibn ʿUthmān ibn Qāymāz al-Dhahabī. (n.d.). Siyar Aʿlām al-Nubalāʾ. Muʾassasat al-Risālah.
Siburian, P. (2012). Penanaman dan implementasi nilai karakter tanggung jawab. Jurnal Generasi Kampus, 5(1), 85–102.
Suhardi, M. S. S., Harun, M. S., & Nasri, M. S. (2020). Analisis Isu Safar Wanita tanpa Mahram dari Perspektif Maqasid Al-Shari’ah. Journal of Law and Governance, 3(1), 74–83.
Sutarman, S., Edi Hermawan, H., & Ahmad, A. (2017). Character education to build personal learners tough. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 7(1), 59–63.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Hidayah, Machmudah Lailiyah, Ubaydi Hasbillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.