Rekonseptualisasi Peran Guru dalam Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Kurikulum Merdeka

Authors

  • Samhudi UIN Sultanah Nahrasiyah Lhokseumawe, Aceh, Indonesia
  • Warul Walidin UIN Ar-Raniry, Aceh, Indonesia
  • Zulfikar Ali Buto Siregar UIN Sultanah Nahrasiyah Lhokseumawe, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3726

Keywords:

Rekonseptualisasi Peran Guru, Inovasi Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka

Abstract

Perkembangan Kurikulum Merdeka menuntut adanya transformasi signifikan dalam peran guru, khususnya dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Artikel ini membahas bagaimana guru perlu melakukan rekonseptualisasi perannya untuk menjadi agen inovasi kurikulum yang adaptif dan responsif terhadap dinamika pembelajaran modern, peluang dan tantangan serta implikasinya bagi pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif, mengumpulkan dan menganalisis literatur terkait peran guru, inovasi kurikulum, dan implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Agama Islam. Melalui analisis tersebut, penelitian ini mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi guru dalam menerapkan inovasi kurikulum yang selaras dengan nilai-nilai Islam dan kebutuhan peserta didik masa kini. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru tidak hanya berperan sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai fasilitator, motivator, dan pembimbing yang mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip pendidikan Islam dengan pendekatan pembelajaran yang kreatif dan kontekstual. Dengan demikian, rekonseptualisasi peran guru menjadi kunci utama dalam mewujudkan tujuan Kurikulum Merdeka, yaitu mencetak generasi yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan global.

References

Ahmad, M. I., Djollong, A. I., Jumawati, J., Sukriati, S., Hamran, H., Imran, M. A., & Saleh, A.R. (2025). Transformasi Peran Guru dalam Implementasi dan Evaluasi Kurikulum PAI. Sultra Educational Journal 5(1):331–339. https://jurnal-unsultra.ac.id/index.php/seduj/article/view/1117

Azhima, Fauzan., & Walidin. W. (2025). Edukasi Akhlak dalam Pemikiran K.H Hasyim Asy’ari: Analisis Aksiologis dan Relevansinya bagi Pendidikan Karakter di Era Modern. JISRev: Journal of Islamic Studies Review 1(1): 57-66. https://journal.yasinta.org/index.php/JISRev

Ballianie, N., Dewi, M., & Fatimah, S. (2024). “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Generasi Milenial.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5(6):8370–8382. doi: 10.54373/imeij.v5i6.2476. https://ejournal.indo-intellectual.id/imeij/article/view/2476

Fauzi, M. H., Salsabila, S., Diniyati, A. I., Pebriani, A. R., Fithriya, R. A. I., & Suresman, E. (2025). “Integrasi Nilai Islam dan Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi dalam Perspektif Akademik dan Keagamaan.” Reflection : Islamic Education Journal 2(2):186–196. https://ejournal.aripafi.or.id/index.php/Reflection/article/view/771

Fitra, D. (2023). “Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern.” Jurnal Inovasi Edukasi 06(02):149–156. https://ejournal.unaja.ac.id/index.php/JIE/article/view/953

Hajar, St., & Nanning, N. (2023). “Pentingnya Pendidik Untuk Memahami Karakteristik Peserta Didik Sebagai Acuan Dalam Melaksanakan Perencanaan Konsep Pembelajaran.” Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(2):68-76. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/JurnalPAI/article/view/4333

Hariyanto, S., Abdurrahman, A., & Kurniawati, E. (2025). “Peran Guru Sebagai Agen Perubahan: Penentu Keberhasilan Inovasi Pendidikan Di Indonesia.” JPST: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi 4(1):39–43. https://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/article/view/2550

Humam, M. S., & Hanif, M. (2025). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Keterampilan Kritikal Siswa di Era Modern. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 3(1):262–281. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/view/3592

Jojang, A. A. P., & Hamami, T. (2024). Perkembangan dan Problematika Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 10(4):1648-1664. https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1210

Miramadhani, A., Putri, A., & Faelasup. (2024). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial 02(03):253-266. https://miftahul-ulum.or.id/ojs/index.php/jps/article/view/155

Muliawan, P. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia: Tinjauan Literatur Terhadap Isu Dan Tantangan Terkini. JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara 1(5):7932-7942. https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1394

Neliwati., Lestari, I., Hasibuan, M. K. P., & Hasibuan, S. T. (2024). Peran Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Sekolah. Journal on Education 06(02): 10918-10927. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4742

Rahayu, B. M., Nuraini, H., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2024). “Integrasi Pengaplikasian Teknologi dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning).” JIPIS: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 33(1):55–62. https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4838

Sabriadi, H. R., & Nurul Wakia, N. (2024). “Telaah Konsep Landasan Pengembangan Kurikulum.” Mappesona 7(1): 39-53. https://ejournal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/5478

Samhudi, S. (2025). Integration of Islamic Education Values in the Formation of Generation Z Character in the Digital Era. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 17(1), 27-39. https://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/4479

Samhudi, S., & Sani, A. (2024). Efforts to Discipline Santri in Foreign Languages After The Enactment of the Child Protection Law Number 23 of 2002. Fitrah: Journal of Islamic Education, 5(1), 28–47. https://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah/article/view/818

Samhudi, S., & Ibrahim, M. S. R. (2024). Integration of Religion and Science in the Quran: Interpretation of Surah Ar-Rahman Verses 19-20 in Tafsir An-Nur Hasby Ash-Shiddiqy. Hikmah, 21(2), 254–266. https://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/421

Samhudi, (2024). Media yang Digunakan Santri Dayah Ulumuddin Lhokseumawe dalam Belajar Kosakata Bahasa Asing. MUDABBIR: Journal Research and Education Studies. 4(2), 166-174. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir/article/view/563

Sapruddin, S. (2025). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi di Era Digital. JIEP : Journal of Islamic Education and Pedagogy 02(01): 32-43. https://ejournal.uas.ac.id/index.php/jiep/article/view/2158

Setiawan, S. A. (2024). Tantangan Guru PAI Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIPMI: Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 3(1):49–64. https://ejournal.staisyekhjangkung.ac.id/index.php/jipmi/article/view/92

Siregar, Z. A. B., Arsyad, J., Hanum, A., Ritonga, M., & Jamil, M. R. M. (2025). Teachers’ Professional Development and Reinforcement at Integrated Islamic Schools in Indonesia. Jurnal Ilmiah Islam Futura. 25(1), 117-133. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/25068

Tunas, K. O., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Kebebasan dan Fleksibilitas. Journal on Education. 6(4): 22031-22040. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/6324

Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura. N. (2024). “Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami.” PJPI: Jurnal Pendidikan Islam 1(2):1–12. https://edu.pubmedia.id/index.php/pjpi/article/view/115

Downloads

Published

2025-09-06

How to Cite

Samhudi, Warul Walidin, & Zulfikar Ali Buto Siregar. (2025). Rekonseptualisasi Peran Guru dalam Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Kurikulum Merdeka. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 8(2), 233–248. https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3726