Implementasi Metode Ziyadah dan Muroja’ah dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santriwati di Pondok Pesantren Maslakul Qur’an Cluwak Pati

Authors

  • Dilla Salsbila Nur Anifatul Dilla Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Tufiqurrahman Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3740

Keywords:

Implementasi, Ziyadah, Muroja’ah, Hafalan

Abstract

Proses menghafal Al-Qur’an bukanlah hal yang mudah bagi santriwati, terutama dalam hal mempertahankan hafalan agar tetap kuat dan tidak mudah dilupakan. Tantangan ini mendorong perlunya penggunaan metode yang dapat menunjang peningkatan kualitas hafalan, seperti metode Ziyadah dan Muroja’ah. Penalitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Ziyadah dan Muroja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santriwati di Pondok Pesantren Maslakul Qur’an Sirahan Cluwak Pati. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan pengasuh pondok pesantren, ustadzah, dan santriwati. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Ziyadah berfokus pada penambahan hafalan baru, dan metode Muroja’ah berfokus pada pengulangan hafalan lama. Kedua metode ini saling melengkapi untuk kepentingan kualitas hafalan santriwati. Faktor pendukung dari keberhasilan dalam mengimplemetasikan metode Ziyadah dan Muroja’ah adalah motivasi dan arahan dari guru, memiliki niat yang kuat, dukungan orang tua, dan semangat santriwati dalam mengahafal. Namun, terdapat pula beberapa faktor yang menjadi penghambat, misalnya rasa malas, mengantuk, kebiasaan mengobrol, dan kejenuhan akibat rutinitas yang monoton. Penerapan disiplin serta adanya dukungan dari lingkungan yang kuat dan positif, program hafalan ini tidak hanya membantu santriwati untuk menghafal Al-Qur’an tetapi juga memahami dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

References

Abdurrahman, J. M., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Haironi, A. (2024). Efektivitas Metode Muroja ’ ah dalam Menghafal Al- Qur ’ an Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(4), 1–9.

Anggraini, D. M. (2019). Metode Menghafal Al Qur’an Pada Anak Usia Sekolah Dasar di SDI Al Munawwarah Pamekasan. FIKROTUNA; Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 10(2), 1321–1337.

Arif, U. K., & Rosyidi, Z. (2024). Strategi menghafal Al-Qur’an terhadap keberhasilan penghafal Al-Qur’an. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 16(1), 154–160. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i1.2406.

Azizah, K., Maghfiroh, M., Solikhah, M., Bahja, A. W. T., & Qomaruddin, M. (2024). Manajemen Survival Pengelolaan Program Tahfidzul Quran (Studi Komparasi Di Ma Tarbiyatut Tholabah Dan Ma Al-Fathimiyah). Jurnal Al-Murabbi, 9(2), 1–30. https://doi.org/10.35891/amb.v8i2.4717

Fathah, M. U. A., & Rokhmah, D. (2022). Strategi menghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfidz Yaumi Sleman Yogyakarta. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(1), 103–114. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-07

Fauji, I., Fauji, I., Sidoarjo, U. M., & Java, E. (2024). Implementasi Metode Tutorial Sebaya Dalam Meningkatkan Hafalan Qur ’ An Santri Pondok Pesantren Darul Qur ’ An Kota Mojokerto. Jurnal Al-Murabbi, 111–123.

Harahap, N. S., Siregar, F. A., & Hasibuan, H. (2023). Implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa MTs Nurul Falah Panompuan Tapanuli Selatan. Islamika, 5(3), 1267–1280. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i3.3679

Hidayati, S. (2021). Implementasi Metode Halaqah, Ziyadah, Dan Takrir Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Azmania Ronowijaya Siman Ponorogo. [Unpublished manuscript].

Ismail, M. (2022). Strategi menghafal Al-Qur’an di SMPU BP. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Mirza, M. (2024). Penerapan metode muraja’ah mutqin di Pesantren Babul Maghfiri Aceh Besar. [Unpublished manuscript].

Mukholisoh, F., Sa’dullah, A., & Hasan, N. (2019). Pelaksanaan metode muroja’ah tahfidz Al-Qur’an di Ma’had Al-Ulya MAN Kota Batu. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 191–197. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Nuha, A. A., & Khoiron, D.A., & aulia, N. i. (2024). Pola Komunikasi Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur ’ an Ar - Rahmah Dalam Meningkatkan Program Menghafal Al-Quran. Istikhdamuna: Jurnal Keterlibatan Dan Pemberdayaan, 1(1), 1–11.

Oktapiani, M. (2020). Tingkat kecerdasan spiritual dan kemampuan menghafal Al-Qur’an. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.861

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rifki, A. W., Rahmadiani, F., Romadhon, F. S., & dkk. (2023). Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Sulaimaniyyah. Journal of Multidisciplinary Studies, 7(1), 114–132.

Rudini. (2020). Aktualisasi nilai-nilai Islam dalam pembentukan karakter mahasiswa di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47–60. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1185

Syafi’i, A., & Wahid, N. (2024). Implementasi Program Tahfiz Al-Qur ’ an Dengan Metode Talaqqi. Seulanga : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 1–15.

Windi Astuti, & Watini, S. (2021). Implementasi pendidikan Al-Qur’an pada anak usia dini dengan metode muroja’ah. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.7711

Downloads

Published

2025-09-06

How to Cite

Salsbila Nur Anifatul Dilla, D., & Tufiqurrahman. (2025). Implementasi Metode Ziyadah dan Muroja’ah dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santriwati di Pondok Pesantren Maslakul Qur’an Cluwak Pati . TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 8(2), 275–284. https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3740