Upaya Membentuk Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Keagamaan pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Authors

  • Bahrul Ulum Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Mufid Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3749

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Disiplin, Keagamaan

Abstract

Kurangnya kedisiplinan peserta didik yang tercermin dalam perilaku seperti terlambat mengikuti apel, tidak memakai atribut madrasah, dan bersikap tidak sopan terhadap guru menunjukkan pentingnya pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana kegiatan keagamaan efektif dalam membentuk karakter ‎disiplin pada siswa, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung maupun yang menghambat ‎pelaksanaannya.‎ Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif-analitik untuk ‎menggambarkan data secara mendalam dan sistematis.‎ Lokasi penelitian berada di MTs Mabda’ul Huda Kedungkarang Demak. Responden terdiri dari kepala MTs Mabda’ul Huda Kedungkarang, guru Akidah Akhlak, dan juga beberapa siswa, dengan jumlah 12 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi, sedangkan analisis data ‎dilakukan dengan tahapan reduksi, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan.‎ Temuan dalam studi ini menunjukan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak berkontribusi dalam ‎membentuk karakter disiplin peserta didik melalui proses pembiasaan serta keteladanan, yang dilaksanakan ‎secara kolektif oleh semua pihak di madrasah.‎ Faktor pendukung berasal dari keterlibatan orang tua dan pemberian sanksi secara bijak, sedangkan hambatan berasal dari keterbatasan fasilitas dan pengaruh lingkungan luar. Kesimpulannya, pembelajaran Akidah Akhlak efektif membentuk karakter disiplin siswa secara teoritis maupun praktis melalui kegiatan keagamaan yang terstruktur dan konsisten.

References

Aflizah, N., Firdaus, F., Hasri, S., & Sohiron, S. (2024). Reward Sebagai Alat Motivasi dalam Konteks Pendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4300–4312.

Alaby, M. A. (2020). Menumbuhkan Kepribadian Bangsa yang Berkarakter Pancasila. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 1(1), 45–54, hlm 51.

Harjali. (2016). MEMBANGUN PENATAAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF Studi Fenomenologi pada Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. STAIN Ponorogo Press.

Hidayat, S., Wulandari, R., & Matondang, S. (2022). Analisis Materi Pembelajaran Aqidah Dalam Penguatan Aqidah Anak Pada Anak Usia Sd. Al-Urwatul Wutsqa …, 2(2), 115. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/8187

Hikmah, F. (2020). Strategi Direct Instruction dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Jenjang Pendidikan Madrasah Tsanawiyah). JUMPA : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.33650/jumpa.v1i2.1916

Imam An-Nawawi. (1250). Hadist Arbain Nawawi. Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah.

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1229

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Mutidimensional. PT. Bumi Aksara.

Nurdiana, N. (2022). Peran pembelajaran akidah akhlak dalam membina kedisiplinan peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Ma’arif Singosari Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Putra, A. F., & Fathoni, A. (2022). Penerapan Karakter Disiplin melalui Pembiasaan pada Peserta Didik Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(4), 6307–6312.

Putri, N., Rahmah Fitri, D., & Chanifudin. (2024). Peran Pendidikan Karakter Dalam Menghadirkan Kedisiplinan Peserta Didik. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(4), 794–806. https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i4.1211

Rofi’ie, A. H. (2017). Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 1(1), 113–128. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2017.001.01.7

Sayid Ahmad Ramadhan, & Hendra Sucipto. (2023). Adab Terhadap Ilmu Perspektif Imam Al-Ghazali. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 1–11. https://doi.org/10.53627/jam.v10i2.5297

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Sy, S., Hairunnisa, H., & Rahmawati, L. (2014). Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Darussalam Martapura Kabupaten Banjar. Tashwir, 1(2), 81–94. https://doi.org/10.18592/jt.v1i2.164

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003). https://peraturan.bpk.go.id/details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Downloads

Published

2025-09-06

How to Cite

Bahrul Ulum, & Mufid. (2025). Upaya Membentuk Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Keagamaan pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak . TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 8(2), 249–259. https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3749