Model Evaluasi Kompetensi Spiritual Digital Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Industri 4.0

Authors

  • Azizatur Rosyidah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Dian Annisa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdul Bashith Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3772

Keywords:

Evaluasi, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Berbasis Teknologi, Literasi Digital Islami

Abstract

Era digital membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam sistem pendidikan. Pendidikan Agama Islam (PAI) menghadapi tantangan besar dalam membangun karakter spiritual peserta didik di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi kompetensi spiritual digital yang relevan dengan dinamika pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan studi pustaka dengan analisis deskriptif-analitik terhadap literatur terkait kompetensi spiritual, evaluasi pembelajaran, dan digitalisasi pendidikan Islam. Tujuannya merumuskan model evaluasi kompetensi spiritual digital serta mengidentifikasi celah penelitian sebelumnya, dengan sumber data dari literatur ilmiah yang kredibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model evaluasi kompetensi spiritual digital harus mencakup aspek literasi digital Islami, etika digital Islami, serta penerapan nilai-nilai keislaman dalam aktivitas digital. Evaluasi yang diterapkan perlu bersifat autentik dan holistik, tidak hanya mengukur pemahaman teoretis peserta didik, tetapi juga bagaimana mereka menerapkan nilai-nilai spiritual dalam interaksi digital. Pengembangan model evaluasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pembelajaran PAI yang lebih adaptif terhadap era Revolusi Industri 4.0.

References

Abdurrahman, & Ilhami. (2024). Analisis Pengembangan Kompetensi SDM Terhadap Paradigma Pendidikan Era 4.0: Tinjauan perpektif Islam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3).

Al-Azwi, N. M., & Rohmah, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Spiritual terhadap Kedisiplinan Siswa di Lingkungan Sekolah. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 189–201. https://doi.org/10.37542/iq.v2i02.32

Aulia, N. S., Ananda, R., Hadiati, E., Ayu, S. M., & Fauzan, A. (2025). Model Inovasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Era 4.0 Sekolah Dasar. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 810. https://doi.org/10.35931/am.v9i2.4390

Baihaki, M., & Paramansyah, A. (2024). Pengembangan Assesment Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan Vokasi Islam di Era Digital. Jurnal Dirosah Islamiyah, 1. https://doi.org/10.17467/jdi.v6i1.4374

Choli, I. (2020). Pendidikan Agama Islam Dan Industri 4.0. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 20-40.

Dalimunthe, D. S., & Pohan, I. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Marzuki, I., & Soraya, F. (2024). Transformasi Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Society 5.0. Tadarus Tarbawy, 6(2).

Naimi, N., Nursakinah, Sitepu, M. S., & Sitepu, J. M. (2025). Transformasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital: Sebuah Kajian Pustaka. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, 13(01). https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/waspada

Purwanto, A. (2023). Digitalisasi Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2). https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3253

Rahayu, S., Nabila, K., Ulandari, E. F., & Mukmin, M. (2025). Model Strategi Pembelajaran PAI Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Journal of Instructional and Development Researches, 5(1), 97-105. https://doi.org/10.53621/jider.v5i1.491

Yanita, H. (2016). Analisi Struktur Retorika Dan Penanda Kebahasaan Bagian Hasil dan Pembahasan Artikel Jurnal Penelitian Bisa FKIP UNIB Untuk Bidang Pengajaran Bahasa. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2)

Zain, A., Mustain, Z., & Rokim. (2024). Penguatan Nilai-Nilai Spiritual dan Moralitas di Era Digital melalui Pendidikan Agama Islam. JEMARI: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 2024.

Downloads

Published

2025-09-06

How to Cite

Azizatur Rosyidah, Dian Annisa, & Abdul Bashith. (2025). Model Evaluasi Kompetensi Spiritual Digital Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Industri 4.0. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 8(2), 251–261. https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3772