Implementasi Hafalan Hadist Pendek Untuk Meningkatkan Pembentukan Karakter Santri
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3796Keywords:
Hafalan hadist pendek, pembentukan karakterAbstract
Pembentukan karakter santri merupakan salah satu tujuan utama pendidikan di pondok pesantren. Salah satu metode yang digunakan untuk mendukung pembentukan karakter tersebut adalah melalui pembiasaan hafalan hadist pendek yang berkaitan dengan akhlak mulia dan perilaku keseharian. Penelitian ini bertujuan untuk memahami sejauh mana penerapan hafalan hadist pendek dapat membentuk dan meningkatkan karakter santri di Pondok Pesantren Al Buruj, Ngabul, Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian berada di Pondok Pesantren Al Buruj, Ngabul, Jepara. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi kegiatan pembelajaran, wawancara mendalam dengan 3 ustadz pembina serta 10 santri sebagai responden, dan studi dokumentasi terhadap materi hafalan yang diajarkan. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi hafalan hadist pendek telah berjalan secara terstruktur dan disesuaikan dengan jenjang santri. Hadist-hadist disampaikan secara kontekstual dan dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga santri lebih mudah memahami dan menginternalisasi maknanya. Tantangan utama yang ditemukan adalah kurangnya fokus karena pembelajaran yang padat. Meskipun demikian, pendekatan yang menyenangkan dan aplikatif mampu meningkatkan minat dan pemahaman santri. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa hafalan hadist pendek berkontribusi positif terhadap pembentukan karakter dan penguatan keimanan santri, serta layak untuk terus dikembangkan dalam sistem pembelajaran pesantren
References
Baroroh, A., Nursyamsiah, S., & Putra, D. W. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Muatan Al-Quran Hadits dalam Kehidupan Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 73–80. https://doi.org/10.46963/alliqo.v7i1.495
Ellen Mahendra Agatha, D. C. (2023). Progam Pendayagunaan Masyarakat pada Legiatan LMI Innovation Weeks 2023. 3(1), 234–237.
Firdayanti, A., Aulia, L., Bukhori, A., Noviani, D., Raden, U., Palembang, F., Al-Qur’an, I., Indralaya, A.-I., Ilir, O., Selatan, S., Kunci, K., Hadist, S., & Sehari-Hari, K. (2023). Studi Hadist Dan Pengimplementasiannya Dalam Kehidupan Sehari Hari. Jurnal SOcial, Educational, Learning And Language, 1(2), 219–232.
Hamzah, N. H., Irawan, M. M., & Dewanti, R. (2023). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Hadis. 3.
Handrihadi, A. (2023). Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam (Perspektif Muhammad Quthb). … " Jurnal Pendidikan Nanggroe Aceh Darussalam, 3(1), 1–13. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2233/
Jannah, R. (2024). Analisis Hadist Metode-Metode Dalam Pembelajaran Dan Pendidikan Rasulullah Saw. AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 5(1), 37–54. https://doi.org/10.32478/tx463w59
Karim, A. (2019). Pergulatan Hadis di Era Modern. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 3(2), 171. https://doi.org/10.21043/riwayah.v3i2.3720
Kusuma, E., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. Wawasan Pendidikan, 4(2), 369–379. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17971
Masitoh, D. (2023). Telaah Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadis. 9, 191–204.
Neela Afifiah, Annisa Rahmasari, Arda Sulis Mutiara, Nor Ma’rifah, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Hadits-hadits Pendek. Edu Journal Innovation in Learning and Education Vol., 02(02).
Riqqoh, S., Syaiku, A., & Mappapoleonro, A. M. (2020). Penerapan Pembelajaran Hafalan Hadits pada Usia 5-6 Tahun. Proseding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negri II, 142–154.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan : Metode Penelitian Kualitatif , Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Method ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 2896–2910.
Wulandari, S. (2022). Implementasi Metode Gerakan Dalam Meningkatkan Hafalan Hadits Di SDIT Yayasan Huda Wan Nur. Jurnal Pendidikan Dan Literasi, 1(:Vol. 1 No. 2 (2022) : Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi), 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wahyu Firman Aryanto, Muhammad Natsir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.