Peningkatan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas 2 Melalui Media Pembelajaran Interaktif Wordwall

Authors

  • Fitra Andriani Nur Jannah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Noor Amirudin Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3801

Keywords:

Motivasi belajar, Wordwall, media pembelajaran interaktif, Pendidikan Agama Islam (PAI)

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa kelas 2 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Muhammadiyah 1 Kebomas mendorong penelitian ini untuk mengkaji efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif Wordwall. Penelitian bertujuan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan Wordwall, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan guru PAI sebagai instrumen utama. Satu kelas siswa kelas 2 PAI sebagai sampel. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan motivasi belajar siswa setelah penggunaan Wordwall pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Wordwall terbukti efektif meningkatkan motivasi belajar PAI siswa. Media interaktif ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran PAI.

References

Aeni, A., Djuanda, D., Maulana, Nursaadah, R., & Sopian, S. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835–1852.

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edusiana: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86.

Arimbawa, G. (2021). Penerapan Word Wall Game Quis Berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332.

Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 8–15.

Ferlina, L., & Fratiwi, N. (2024). Edugame Wordwall: Sebuah Media Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Walada: Journal of Primary Education, 3(2), 73–88.

Hapsari, S., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana, 18(2), 225–233.

Hidayat, C., & Juniar, D. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Deepulish.

Kusnadi, E., & Azzahra, S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 323–339. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9526

Lestari, R. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–116.

Melvi, Kustati, M., Amelia, R., & Gusmirawati. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Al Muttaqin Sawahlunto. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 428–433.

Musab, I., & Witri, G. (2019). Faktor Ekstrinsik Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Se-Gugus 2 Kecamatan Sail Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 7–12.

Nisa, M., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140–147.

Nursyamsiyah, S., & Huda, H. (2024). Meningkatkan Minat Literasi Studi Tokoh Dalam Membangun Generasi Berkarakter. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 10(1), 61-68.

Noza, A., Wandira, R., & Gusmaneli. (2024). Pentingnya Metode Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8(4), 158–164.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D., Ramadhania, P., & Sifa, U. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.

Pohan, N. (2017). Pelaksanaan pembimbingan belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 1(2), 15–28.

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 70–77.

Pusparini, K., Suma, K., & Suswandi, I. (2020). Hubungan Motivasi Intrinsik, Persepsi Siswa, Motivasi Intrinsik dan Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Fisika dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 12–23.

Putri, E., Saleh, N., & Jufri, J. (2021). Media Pembelajaran Word Wall dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Phonologie : Journal of Language and Literature, 2(1), 53–61.

Ridwan, N., K, A., & Palinten, A. (2024). Telaah Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih di Era Revolusi Industri 4.0. Dialektika: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 71–77.

Rusman. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Pranadamedia Grup.

Sadewo, D., Rosmalah, & Nurdin, M. (2021). Hubungan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak dalam Mengerjakan Perkerjaan Rumah. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 59–66.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 470–477.

Sari, R., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122–130.

Sartika, R. (2017). Implementing word wall strategy in teaching writing descriptive text for junior high school students. Journal of English and Education, 5(2), 179–186.

Satriani. (2021). Antara Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Ulaweng. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 92–97.

Suharni. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184.

Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72–77.

Downloads

Published

2025-09-06

How to Cite

Fitra Andriani Nur Jannah, & Noor Amirudin. (2025). Peningkatan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas 2 Melalui Media Pembelajaran Interaktif Wordwall. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 8(2), 263–274. https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.3801