Peran Pendidikan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Konsistensi Sikap Keagamaan Anak Melalui Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i2.4054Keywords:
Pendidikan Orang Tua, Sikap Keagamaan, Pendidikan Islam, KonsistensiAbstract
Penelitian ini membahas peran pendidikan orang tua dalam menumbuhkan konsistensi sikap keagamaan anak melalui program pengajaran nilai-nilai Islam di SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kontribusi pendidikan orang tua dalam menumbuhkan konsistensi sikap keagamaan anak melalui pelaksanaan pembelajaran Agama Islam di SD Muhammadiyah GKB 2 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalammbersama guru serta salah satu wali murid. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pembiasaan ibadah di rumah, keteladanan orang tua, serta sinergi antara sekolah dan keluarga sangat berpengaruh terhadap stabilitas sikap keagamaan anak. Kolaborasi yang harmonis antara orang tua dan pendidik sangat berpengaruh terhadap pembentukan nilai-nilai religius pada anak. secara konsisten dan berkelanjutan. Studi ini menekankan pentingnya kolaborasi berkelanjutan antara orang tua dan sekolah. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terlihat bahwa pendidikan agama di rumah, seperti pembiasaan shalat, membaca Al-Qur’an, dan keteladanan orang tua, memiliki pengaruh kuat terhadap perilaku religius anak. Di sekolah, guru PAI turut berperan aktif dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan melalui kegiatan pembelajaran dan pembiasaan ibadah. Anak yang menerima dukungan maksimal dari lingkungan keluarga cenderung menunjukkan sikap keagamaan yang lebih stabil dan terarah. Penelitian ini menegaskan pentingnya Kerja sama antara keluarga dan sekolah menjadi kunci dalam menanamkan karakter keagamaan anak secara terus-menerus.
References
Afnania Yusditiani, Hijazzi Lutfiah Izyul Adha, Meysa Fadlun Rubiyyati, Shella Masrofah, and Arif Rahman. 2021. “Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah.” PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora 1(1):30–37. doi:10.56799/peshum.v1i1.10.
Afrina Rambe, Anggi, Udin Supriadi, Mokh Iman Firmansyah, Regita Ayu Dwietama, Annisa Ningtias Cevie Putri, Muhammad Nurfaizi Arya Rahardja, and Junaidi Marbun. 2024. “Pendekatan Kasih Sayang Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadits Nabi Muhammad SAW.” Kiddo Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5:438–52. doi:10.19105/kiddo.v5i1.13547.
Anggrena, Anak, Agung, sangung, Oka, Melani Putri, Astri, and Gusmaneli. 2025. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam : Integrasi Nilai - Nilai Qur ’ Ani Dalam Praktik Pendidikan Sekolah.” Journal Educational Research and Development 01(04):368–73.
Azzahra, Anisah, Fajri Ismail, Mardiah Astuti, Magister Pendidikan, Agama Islam, Universitas Islam, Negeri Raden, and Fatah Palembang. 2025. “Membangun Sinergi Sekolah Dan Masyarakat : Inovasi Pengelolaan Dalam Konteks Pendidikan Islam.” Journal of Innovative and Creativity 5(2):1345–63.
Fatima, S. 2021. “Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak Anak.” 2(2):178–85.
Fikri, Muhammad, and Lola Malihah. 2024. “Peran Pendidikan Agama Dalam Membentuk Karakter Sumber Daya Manusia: Sebuah Tinjauan Pustaka.” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan 24(2):117–29. doi:10.47732/alfalahjikk.v24i2.396.
Habib Maulana. 2023. “Peran Parenting Dalam Pendidikan Karakter Disekolah Dasar.” Journal of Creative Student Research 1(1):23–36. doi:10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1031.
Hadian, Vini Agustiani, Dewinta Arum Maulida, and Aiman Faiz. 2022. “Peran Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Karakter.” Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 10(1):240–46.
Huda, H., & Putra, D. W. (2025). Penguatan Pelajar Rahmatan Lil Alamin melalui POP BOOK Risalah Islam Berkemajuan di MI Muhammadiyah 1 Balung Kulon. Mujtama': Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 15-24.
Hawari, M. Faiz Ahdan, Trya Imamatul Istiqomah, and M. Yunus Abu Bakar. n.d. “And Educational Research Tujuan Pendidikan Dalam Perspektif Islam.”
Hilda, Mulyadi, and M Hajar Dewantoro. 2025. “Transformasi Karakter Siswa Melalui Peran Strategis Guru Pai Di Sd Negeri Sardonoharjo 1.” At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam 7(2):385–96. doi:10.20885/tullab.vol7.iss2.art12.
Islam, Agama, and Pada Anak. 2024. “Peran Keluarga Dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan.” Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 3(2):529–40.
Maryono, and Hendra Budiono. 2020. “Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu,.” Jurnal Basicedu 5(5):3(2), 524–32.
Mulyadi, Mulyadi, Abdul Syahid, Kafrawi Kafrawi, M. Ilyas, and Fahrina Yustiasari Liriwati. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Tembilahan Kota Indragiri Hilir Riau.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7(3):1375. doi:10.37905/aksara.7.3.1375-1386.2021.
Nabila, Nabila. 2021. “Tujuan Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2(05):867–75. doi:10.59141/japendi.v2i05.170.
Nasution Gunawan Hendra. 2023. “Skripsi Hendra Gunawan Nasution.” (Pola Asuh Orang Tua):19–20.
Nuraini, Nuraini. 2023. “Peranan Pengaruh Keberagamaan Orang Tua Terhadap Anak.” (Mm):1–18.
Perkembangan, Psikologi, and Anak Usia. n.d. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.
Santoso, Alek Budi, Abdul Wahib, and Suja’i Suja’i. 2024. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di SD Islam Almadina, MI Al Khoiriyyah 2 Dan SDN Purwoyoso 02 Semarang.” AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584) 4(02):1618–35. doi:10.37680/almikraj.v4i02.5357.
Saribun. 2024. “Peran Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Saribun Perbuatan Yang Bertujuan Untuk Memperoleh Suatu Pengetahuan . Terdapat Pula Pendidikan Dengan Melalui Tiga Tahapan , Tahap Yang Pertama Adalah Editing Atau Proses Pemeri.” Jurnal Budi Pekerti Agama Islam 2(4):311–22.
Studi, Program, Pendidikan Agama, and Sahila Alimatuz Zahro. 2023. “Dalam Membentuk Karakter Anak Melalui Program Kampung Qur ’ an Dusun Balekambang Desa Paseban Juni 2023.”
Supriyanti, I., & Huda, H. (2025). Religious Tolerance of the Young Generation: Religious Convergence in Education. Proceeding International Conference on Religion, Science and Education, 4, 31–40. Retrieved from https://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/icrse/article/view/1454
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewi Ramadhani Putri Tsakila, Hasan Basri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.